Latest News
dfgdfsg
dfgdfsg

Bahaya Rokok Elektrik | Kandungan dan Akibat Merokok Elektrik

Bahaya Rokok Elektrik - Kandungan dan Akibat Merokok Elektrik Kebanyakan para perokok beralih dari rokok tembakau ke rokok elektrik adalah karena meraka beranggapan bahwa pada rokok elektrik lebih aman, bebas polusi, dan tidak berbahaya sebagaimana rokok tembakau, namun perlu kita mencari tau kandungan rokok elektrik dan apakah rokok elektrik aman bagi perokok serta apa akibatnya merokok elektrik. itulah tema pembahasan artikel kali ini sehingga para pecandu rokok benar-benar menyadari dengan pengetahuan yang mendasar tentang rokok elektrik.

Rokok Elektrik
Rokok eletrik (Electronic Nicotine Delivery Systems atau E-Cigarete) adalah sebuah inovasi dari rokok betuk konvensional menjadi rokok modern.Rokok elektronik pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh SBT Co Ltd, yaitu sebuah perusahaan yang berasis Beijing, RRC yang sekarang dikuasai oleh Golden Dragon Group Ltd pada tahun 2004.

Rokok elektronik diklaim sebagai rokok yang relatif lebih sehat dan ramah lingkungan dari pada rokok tembakau (konvensioanl), dan rokok elektronik tidak menimbulkan bau dan asap. Selain itu rokok elektronik lebih hemat dari pada rokok biasa karena bisa diisi ulang. Bentuk ENDSnya seperti batang rokok biasan namun tidak membakar tembakau. rokok ini membakar cairan menggunakan battrey dan uapnya dihisap. poduk ini dipasarkan dengan banyak nama, diantaranya rokok elektronik, ecigarro, electro smoke, grenn cig, dan smart smokker.

pada awalnya rokok elektronik adalah sebagai solusi untuk menolong mereka yang kecanduan rokok supaya berhenti merokok, alat ini dipasarkan  sebagai alternatif lebih aman dari produk tembakau biasa. Label "HEALTH"pun terpasang jelas pada kemasannya

Rokok Elektrik Menurut Lembaga Kesehatan
Menurut Craig Youngblood, Presiden perusahaan pembuat rokok elektrik Inlife, produk buatannya lebih aman dari pada rokok tembakau. Dia juga menyatakan rokok elektrik bebas polusi dan tidak berbau  karena mengeluarkan uap, bukap asap.

Namun, Norman edelman, kepala medis dari American Lung Association mengatakan bahwa pernyataan tentang rokok lebih aman belum  cukup valid karena efek jangka panjang rokok elektrik belum teruji secara klinis.sebagian instansi internasional dan nasional turut memberikan tanggapan mengenai tingkat kemanan dan beredarna rokok elektrik.

Rokok elektrik menurut World Health Organization (WHO)
WHO merilis sebuah laporan beisi anjuran untuk tidak menggunakan rokok elektrik didalam ruangan karena rokok elektrik bisa mengeluarkan racun seperti rokok biasa. Meski tidak mengeluarkan asap, Uap rokok elektrik yang mengandung zat kimia berbahaya juga  dan menimbulkan polusi udara. WHO juga menganjurkan untuk tidak menjual rokok elektrik kepada orang dibawah usia 18 tahun.

Rokok Elektrik menurut  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
Begitu pula di Indonesia  Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memperingatkan masyarakat bahwa rokok elektrik yang beredar di pasaran adalah produk illegal dan belum terbukti keamanannya secara klinis dalam penggunaan jangka pankang.

Kandungan Rokok Elektrik
Kandungan rokok elektrik
Kandungan rokok elektrik/E-cigarete

 

Di dalam rokok elektrik terdapat tabung berisi larutan cair yang bisa diisi ulang. Larutan ini mangandung niotin, propilen glikol, gliserin, dan perasa. larutan ini dipanaskan kemudian muncul uap sebagaimana asap rokok tembakau. Sebagian perusahaan menjual cairan tersebut dengan berbagai rasa sebagaimana rokok pada tembaku yang dijual dipasaran, atau rasa yang lain seperti rasa mentol/mint, karamel, buah-buahan dan kopi atau coklat. secara terperinci kandungan rokok elektrik kami jelaskan di bawah ini :

Nikotine
Nikotine umumnya terdapat pada daun tembakau. Nikotin berfungsi sebagai obat perangsang dan memberikan efek candu, itulah sebabnya banyak para perokok kesulitan untuk berhenti merokok.

Propilen Glikol
Propilen glikol merupakan senyawa organik yang tidak berbau dan tidak berwarna, namun memberikan efek rasa manis. FDA atau lembaga pengawas makanan dan obat di Amerika telah menyatakan senyawa ini aman digunakan dalam kadar rendah.

Gliserin
Gliserin adalah cairan kental tidak berabau dan tidak berwarna. Zat ini sering digunakan pada perpaduan formulasi farmasi. Cairan manis yang dianggap tidak beracun ini sering pula dipakai oleh industri makanan. Gliserin berfungsi sebagai pengantar rasa dan nikotin dalam penggunaan rokok elektrik.

Logam
Rokok elektrik berpotensi manyalurkan partikel logam kedalam paru-paru, kadar timbal dan kronium dalam uap rokok elektrik sama dengan rokok tembakau pada umumnya, namun kadar nikelnya 100 kali lebih tinggi dibandingkan rokok biasa.

Karbonil
Karbonil merupakan karsnogen potensial yang terdapat pada uap rokok elektrik.

Tobacco Nitrosamines
zat ini terdapat dalam uap semua rokok elektrik dengan tingkat lebih rendah atau setara dengan  yang terdapat dalam asap rokok biasa.
dan sejumlah zat lain seperti aerosol, romonabant, diethylene glocol, Coumarin, dan tadalafyl, atau senyawa obat untuk terapi sifungsi se.ksu.al juga terdapat dalam rokok elektrik.

Bahaya Merokok Elektrik

Dari beberapa Kandungan rokok yang telah kami sebutkan diatas maka dapat diketahui dalam jangka panjang rokok elektrik dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh dan kesehatan lainnya antara lain :

Mengakibatkan berbagai serangan Kanker
Senyawa nitrosamine yang terdapat pada rokok elektrik dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Senyawa ini diperoleh dari proses pemanasan nikotine yang dilarutkan oleh gliserin. 

Mengakibatkan kerusakan paru-paru
Proses pemanasan yang terjadi pada rokok elektrik akan menghasilkan uap yang mirip dengan asap rokok biasa, uap yang dihasilkan dari proses pemanasan ini ternyata sangat berbahaya terhadap paru-paru.

Polusi udara
Uap yang dihasilkan dari pemanasan unur senyawa nitrosamine ini memang tidak menimbulkan bayak asap seperti rokok pada biasanya, namun tingkat polusi yang diakibatkan ternyata tidak kecil, uap yang dihasilkan oleh nitrosamine dalam rokok elektrik juga mengandung formalin dan senyawa karsinogenik yang mana akan sangat membahayakan orang yang ada disekitarnya sebagai perokok pasif. dan ternyata uap rokok elektrik juga sangat mengganggu orang di sekitarnya.

Mengakibatkan gangguan pernafasan
Kandungan diathylene glikol pada rokok elektrik disinyalir dapat menyebabkan gangguan kesehatan, terutama pada pernafasan, senyawa ini sinyalir dan telah ditetapkan sebagai salah satu jenis racun yang tentu berbahaya bagi penggunanya.

Mengakibatkan kerusakan otak    
Mengkonsumsi rokok elektrik dalam jangka waktu lama dapat memicu kerusakan otak, ini disebabkan karena adanya tetramethylpyirazine pada rokok elektrik.

Mengakibatkan penyempitan arteri
Tak Jauh berbeda dengan rokok biasanya rokok elektrik juga mengandung nkotin yang dapat menyebabkan penyempitan arteri diseluruh tubuh anda. 

Bahan reffil bersifat karsinogenik
Selain kandunga nitrosamine dan nikotin cair pada rokok elektrik ternyata bahan refil rokok elektrik juga terdapat kandungan yang sama persis dengan rokok biasa. pada umumnya semua orang telah mengetahui akibat dari merokok tembakau, maka begitulah pula yang diakibatkan oleh rokok elektrik.

Kadar nikotin tidak tentu
Jika pada rokok tembakau pada kemasannya telah dicantumkan seberapa besar kandungan nikotin pada setiap batangnya. sedangkan pada rokok elektrik tidak dapat ditentukan seberapa besar kadar kandugan nikotin pada setiap reffilnya, dan ini justru lebih berbahaya bagi kesehatan.

Efek candu (ketagihan)
Tidak jauh berbeda dengan rokok tembakau, rokok elektrik juga memberikan dampak candu sehingga perokok akan terus menerus merokok dan sangat kesulitan untuk berhenti dari rokok padahal pada umumnya perokokpun mengerti efek dan dampak buruknya.

Membatasi jumlah oksigen keseluruh tubuh
Penyempitan arteri pada seluruh tubuh, ini menyebabkan suplai darah dan oksigen terhambat dan berkurang. peredaran darah yang terhambat otomatis menyebabkan kurangnya suplai oksigen yang diatur oleh paru-paru sehingga berawal dari inilah banyak dampak buruk yang lain yang akan mermunculan misalnya asma, Bronkhitis, TBC dan sebagainya.

Berpotensi terjadinya ledakan
Sekecil apapun kapsitas batrey dan arus listrik pada rokok elektrik sangat berpotensi terjadinya ledakan saat rokok dihisap. dan ini tentu sangat berbahaya bagi pengguna. 

Demikianlah informasi seputar Bahaya rokok elektrik, mudah-mudahan informasi ini menambah wawasan dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih atas kunjugan anda di www.daftarresepobat.com