Latest News
dfgdfsg
dfgdfsg

Penyebab dan Ciri-Ciri Penyakit Lupus

Gejala/Ciri-Ciri Penyebab Penyakit Lupus- Pada pembahasan artikel kali ini kami ingin mengupas tentang penyakit lupus yaitu pengenalan dasar Apakah penyakit lupus ? apa penyebabnya dan bagaimana ciri-ciri atau gejala bahwa seseorang menderita penyakit lupus ini.

Pengertian Penyakit Lupus

Penyakit lupus adalah salah satu bentuk penyakit autoimun. atau penyakit implasmasi kronis yang disebabkan oleh kekebalan tubuh yang keliru yaitu sistem kekebalan tubuh yang seharusnya berfungsi mencegah berbagai penyakit namun pada penyakit lupus justru menyerang jaringan dan organ sehat itu sendiri istilah mudahnya adalah "senjata makan tuan" yang seharusnya melindungi malah menjadi boomerang bagi dirinya. jika kondisi ini terus menerus dialami hal ini dapat menyebabkan menyebabkan peradangan kronis, dengan istilah lain penyakit lupus adalah peradangan kronis autoimun.
peradangan autoimun (penyakit lupus) banyak menyebabkan dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh lain misalnya sendi, kulit, sel otak, ginjal, jantung dan paru-paru. sehingga dengan demikian akan banyak sekali gejala atau manifestasi klinis yang beragam.itulah yang menyebabkan penyakit lupus sangat sulit untuk dideteksi karena begitu banyak gejala dan ciri-cirinya mirip dengan penyakit lain. 

Sebagian orang sejak dilahirkan telah membawa kecendrungan membawa penyakti lupus, ini bisa jadi karena dipicu oleh infeksi, obat-obatan bahkan sinar matahari sampai hari ini masih belum ada obat definitif yang dapat menyembuhkan penyakit lupus ini namun usaha pengobatan cukup membantu mengendailikan gejala-gejala penyakit lupus. oleh karena itulah seharusnya setiap pribadi dan keluarga memahami dan mengenal panyakit ini minimal  mengetahui penyebab dan gejala-gejalanya sehingga kita dapat melakukan pencegahan sebelum dan dapat melakukan tindakan cepat jika anda telah mengetahui ciri-ciri menderita penyakit ini. berikut di bawah ini kami ulas penyebab dan gejalanya.


Jenis/Tipe, Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Jenis-Jenis/tipe Penyakit Lupus
Sebenarnya penyakti lupus ada beberapa macam diantaranya :
1. Lupus ertimatosus (systemic lupus erytemathosus/SLE)
Jenis penyakit lupus ini adalah yang paling seiring dirujuak masyarakat umum sebagai penyakit lupus. tipe jenis penyakit SLE ini menyerang jaringan serta organ tubuh manapun dengan tingkat gejala ringan sampai tingkat gejala yang parah penyakit SLE ini datang secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan-lahan terkadang penyakit ini bertahan lama terkadang pula bersifat sementara namun dapat kambuh lagi. banyak diantara penderita penyakit lupus SLE ini merasakan gejala ringan untuk waktu lama, terkadang tidak sama sekali sebelum tiba-tiba mengalami serangan yang parah. gejala-gejala ringan misalnya rasa nyeri dan lelah yang berkepanjangan sehingga dapat menghambat rutinitas penderitanya, hal ini seringkalinya menyebabkan penderita SLE deferesi dan cemas meski hanya gejala ringan.
2. Lupus eritematosus discoid (discoid lupus erytemathosus.DLE)
Penyakit lupus jenis Eritamatosus discoid adalah jenis penyakti yang hanya menyerang kulit, namun walaupun pada umumnya penyakit ini menyerang kulit akan tetapi juga dapat menyerang jaringan dan organ tubuh yang lain. Penyakit lupus jenis ini biasanya dapat dikendalikan dengan menghindari paparansinar matahari langsung dan obat-obatan tertentu.
    3. Lupus akibat penggunaan obat tertentu
    penyakit jenis ini disebabkan karena efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, namun efek samping penggunaan obat tiap orang berbeda-beda. terdapat lebih sari 100 jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan efek samping mirip dengan penyakit lupus. oleh karena itu gejala penyakit jenis lupus karena obat-obatan akan hilang jika menghentikan konsumsi obat-obatan tertentu. walaupun demikian jika anda termasuk ketergantungan dengan obat resep dokter maka cobalah untuk konsultasikan hal ini dengan dokter anda karena disatu sisi anda butuh obat namun disatu sisi anda perlu menghentikan obat.


      Gejala-Ciri-Ciri Menderita Penyakit Lupus

      Setiap kasus penyakit lupus tidak sepenuhnya sama namun tanda dan gejala penyakit lupus ini terkadang datang secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan-lahan terkadang ringan dan terkdang juga berat, bersifat sementara terkadang permanen. banyak diantara penderita lupus dengan gejala memburuk untuk sementara waktu kemudian membaik dan ada pula sebaliknya bahkan hilang dalam beberapa waktu, secara umum gejala atau ciri-ciri menderita penyakit lupus antara lain :
      • mudah lelah
      • demam
      • berat badan menurun drastis namun terkadang meningkat
      • ruam berbentuk kupu-kupu pada wajah menutupi hidung dan pipi.
      • luka pada kulit yang timbul atau semakin parah ketika terpapar matahari
      • radang pada mulut.
      • rambut rontok
      • jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress
      • nafas pendek
      • nyeri dada
      • mata kering
      • mudah memar
      • gelisah
      • defresi
      • bahkan terkadang hilang ingatan


      Penyebab Penyakit Lupus

      Sebagaimana telah dijelaskan pada awal pembahasan bahwa Penyakit lupus adalah sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ sehat dalam tubuh hal ini dapat terjadi besar kemungkinan sebagai hasil dari kombinasi gentika dan lingkungan. karena sudah diketahui bahwa orang yang memiliki kecenderungan penyakt lupus adalah karena diwariskan, dan mengembangkan penyakit  ini ketika mereka kontak dengan lingkungan yang dapat memicu gejala penyakit lupus. namun secara pasti peenyakit lupus masih belum diketahui faktor penyebabnya, akan tetapi secara potensial penyakit lupus dipicu oleh :

      Faktor genetika
      faktor genetika adalah faktor yang agak sulit untuk dihindari, adanya kecendrungan untuk menderita penyakit ini adalah seoalh ini adalah takdir mereka untuk mengalminya dan mengembangkan lupus dalam dirinya. sebagaiman yang telah kami sampaikan di atas bahwa penyakit lupus belum dapat dipastikan penyebabnya namun sebagian orang memiliki kecenderungan kuat untuk mengalaminya adalah karena faktor genetika. 

      Sinar matahahari
      paparan sinar matahari langsung secara potensial memicu gejala penyakit lupus, ini dapat terjadi karena orang-rang yang rentan dapat menimbulkan lesi pada kulit yang merupakan gejala penyakit lupus atau memicu respon interna.

      Obat-obatan
      penyakit lupus dapat dipicu oleh beberapa obat-obatan misalnya obat anti kejang, obat tekanan darah dan anti biotik. orang yang memiliki penyakit lupus karena pengaruh obat-obatan biasanya penyakitnya akan hilang ketika menghentikan mengkonsumsi obat. 


      itulah beberap informasi seputar penyakit lupus, gejala dan penyebab yang dapat memicu penyakit lupus dan mengembangkan penyakit lupus. walaupun penyakit ini tidak menular namun faktor genetika kuat kecenderunga atau beresiko tinggi untuk menderita penyakit lupus. semoga kita semua dapat mengetahui ciri dan penyebab penyakit lupus, sehingga kita dapat mengupayakan adanya penceegahan sebelum penyakit ini benar-benar menyerang.

      Baca juga artikel kesehatan lainnya di www.daftarresepobat.com