Latest News

dfgdfsg
dfgdfsg

Penyebab kanker serviks | Gejala/Ciri-ciri dan Cara mencegah Kanker Serviks

Kanker Serviks, Gejala/Ciri-ciri Kanker Serviks, Penyebab dan Upaya Pencegahannya-Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penyakit yang menjangkit pada wanita yaitu kanker serviks (kanker leher rahim), adapun cakupan pembahasan kita nanti antara lain :
  1. Kanker serviks ditinjau dari pengertian dasar
  2. Gejala/Indikasi/Ciri-ciri mengidap penyakit kanker serviks
  3. Penyebab mengidap penyakit kanker serviks
  4. Diagnosa kanker serviks/kanker leher rahim
  5. Upaya pencegahan terhadap penyakit kanker serviks
    Itulah 5 kerangka pembahasan kita mengenai kanker serviks, sengaja kami paparkan terlebih dahulu agar nantinya artikel kesehatan ini bisa membawa kita kepada fokus pembahasan dan sistematis serta memudahkan kita untuk bisa memahami dengan baik.

    Pengertian Kanker Serviks

    Termasuk penting untuk dibahas adalah tentang "Pengertian Kanker Serviks" karena pengertian ini akan membawa pada pengertian selanjutnya sehingga pemahaman kita menjadi gamblang paling tidak pengertian kanker serviks yang paling mendasar.

    Kanker serviks atau kanker leher rahim adalah kanker (tumor ganas primer) yaitu penyakit terganas kedua yang menyerang kaum wanita setelah kanker p*yud*r*. Penyakit ini menyerang bagian dari leher rahim, atau kanker yang terbentuk dalam jaringan serviks yaitu organ yang menghubungkan uterus dengan  v*g!n*. Kanker serviks terbagi atas beberapa tipe, yang paling umum dikenal dengan squamous cell carcinoma (SCC) yang merupakan 80 sampai 85 persen dari seluruh jenis kanker serviks.

    Infeksi Human Papilloma Virus (HPV) merupakan salah satu faktor utama tumbuhnya kanker jenis ini. juga ada tipe lain kanker serviks misalnya Adeno carcinoma, small cel carcinoma, adenosquamous, melanoma, dan lympoma, merupakan tipe kanker serviks yang langka yang tidak terkait dengan HPV. Beberapa tipe kanker serviks masih belum dapat ditanggulangi seperti SCC.

    Penyakit kanker serviks biasanya menyerang wanita pada usia 35 sampai 55 tahun dan 90% dari penyakit kanker serviks ini berasal dari sel squomosa yang melapisi serviks dan juga 10% kemudian sisanya ini berasal dari sel kelenjar penghasil lendir pada saluran servika, yang kemudia menuju kerahim. penyakit kanker serviks (kanker leher rahim) biasanya terjadi karena kelainan pada sel-sel serviks yang belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang menjadi resiko terkena penyakit kanker rahim ini yaitu virus yang menyebabkan kutil pada enetalis yang biasanya menular pada saat melakukan "kontak badan".

    Sebagian besar kanker serviks/kanker rahim dimulai dengan lapisan sel-sel serviks, sel-sel ini tidak tiba-tiba berubah menjadi kanker. Sel-sel normal serviks karena pengaruh karsinogen (zat yang dapat menyebabkan kanker) dapat berkembang secara bertahap dan kemudian berubah menjadi sel kanker. biasanya dokter meggunakan beberapa istilah untuk menggambarkan perubahan pada pra kanker yaitu cervikal intraefithelial neoplasia (CIN) atau squamos intraefithelial lesion (SIL) dan displasia atau neoplasia intraefitel serviks (NIS). peruahan-perubahan ini pada awalnya tidak menimbulkan gejala akn tetapi dapat dideteksi dengan tes pap smear.

    Gejala Kanker Serviks | Ciri Atau Indikasi Mengidap Penyakit Kanker Kerviks

    Mengetahui  gejala/ciri-ciri mengidap kanker serviks sangat penting agar sedini mungkin penderita mendapatkan penanganan dari pihak medis, dan supaya kanker dapat diatasi dengan mudah dan tidak terlalu mahal. Pada tahap awal Kanker serviks tahap dini tidak menunjukkan adanya gejala apapun selayaknya normal normal saja, namun beberapa hal berikut ini adalah gejala/ciri-ciri atau tanda-tanda mengidap kanker serviks adalah :
    • Penderita kanker serviks mengalami pendarahan pada kewanitaan bukan karena siklus menstruasi atau pendarahan di antara periode normal (pendarahan intermenstrual)
    • Penderita kanker serviks  sering mengalami keluhan sakit punggung
    • Nyeri saat buang air kecil dan air seni keruh
    • Konstipasi kronis dan perasaan kembung walaupun perut dalam keadaan kosong
    • Rasa nyeri pada saat melakukan "kontak badan"
    • Pendarahan setelah melakukan "kontak badan".
    • Setiap pendarahan kewanitaan pada waita masa menopause
    • Gejala awal dalam beberapa kasus adalah keputihan berbau tidak enak.
    • Salah satu kaki membengkak
    • Kebocoran urin atau feses dari kewanitaan.
    Semua keluhan tersebut diatas adalah gejala disebabkan oleh berbagai kondisi umum lainnya, tetapi jika anda mengalami gejala-gejala tersebut diatas segera hubungi dokter sepesialis anda. karena tahap dini penderita kanker serviks sering kali lalai sehingga gejala tersebut seolah biasa terjadi pada wanita. atau bisa jadi kanker serviks tahap awal benar-benar tidak mengalami keluhan / tidak ada tanda-tanda bahwa seseorang mengidap penyakit kanker serviks, oleh karena itu seharusnya setiap wanita harus memiliki tahunan check-up, termasuk pap smear (salah satu metode diagnosa)  untuk memeriksa sel-sel abnormal pada leher rahim, pragnosis (kesempatan pemulihan) adalah lebih baik apabila kanker ditemukan lebih awal.
    Waspadalah...karena kanker serviks (kanker leher rahim) saat ini menjadi penyebab  kematian pada wanita ke dua setelah jantung koroner, namun dalam waktu setahun kedepan diperikirakan kanker servik adalah penyakit penyebab kematian nomer wahid jika tidak dilakukan deteksi dini pencegahan dan pengobatan pada kanker serviks.

    Penyebab Kanker Serviks/Kanker Leher Rahim

    Faktor penyebab kanker serviks/kanker leher rahim
    Gambar. Human papilloma virus (HPV) virus penyebab utama 
    kanker serviks/kanker leher rahim 

    Beberapa hal  yang sangat penting untuk diketahui adalah apa saja faktor penyebab mengidap penyakit kanker serviks/kanker leher rahim, agar sejak dini para wanit untuk waspada terhadap penyakit ini, diantara faktor penyebabnya adalah sebagai berikut :
    Infeksi virus human papilloma (HPV) 
    Human Papilloma Virus (HPV) adalah faktor penyebab terbesar terhadap terserangnya kanker serviks atau kanker leher rahim, virus (HPV) ini dapat menular  melalui hubungan/kontak badan dan mayoritas karena sering gonta ganti pasangan. bisa saja wanita mulai terjangkit virus ini di usia belasan tahun namun baru diketahui 20 sampai 30 tahun kemudian setelah terinfeksi.
    Berhubungan diusia sebelum usia 20 tahun
     Berhubungan (kontak badan)diusia dini juga faktor penyebab kanker serviks/kanker leher rahim karena pada usia 12-20 tahun organ reproduksi wanita sedang mengalami perkembangan. idealnya ketika sel sedang aktif membelah tidak terjadi kontak apapun dari luar. kontak atau stimulus dari luar seperti " alat pri*" dan "cairannya" dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal, kemungkinan besar bertambah banyak, jika terjadi luka saat kontak badan sela abnormal inilah berpotensi tinggi menyebabkan kanker mulut rahim.
    Nikotin
    Sebaiknya siapa saja tidak mengkonsumsi zat ini terutama wanita, karena nikotin adalah salah satu penyebab terserangnya kanker leher rahim, karena sel-sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam darah juga memiliki kecendrungan mempengaruhi sel selaput lendir pada tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim.    
    Pembersih kewanitaan 
    Setiap wanita harus berhati-hati dalam memilih produk pembersih kewanitaan dan tidak terlalu sering menggunakan pembersih kewanitaan karena tidak semua bakteri merugikan namun ada juga bakteri yang menguntungkan, jika wanita terlalu sering menggunakan pembersih kewanitaan maka bakteri yang menguntungkan yang ada dalam kewanitaan akan ikut mati, selain itu sabun kewanitaan dapat menyebabkan iritasi dapat memicu abnormalitas sel, kondisi inilah dapat memicu kanker mulut rahim.
    Faktor usia
    Faktor usia diatas usia 40 tahun atau semikin tua semakin rentan dengan resiko kanker serviks/kanker leher rahim.
    Keputihan
    Kanker serviks juga disebabkan karena keputihan yang terus menerus tanpa diobati sehingga dapat memicu terjangkitnya virus pada area kewanitaan hal ini sangat rentan terhadap kanker serviks.
    Pembalut kewanitaan
    Pembalut kewanitaan juga dapat menjadi penyebab kanker serviks/kanker leher rahim yaitu pembalut yang mengandung bahan dioksin (bahan pemutih untuk pembalut daur ulang), maka berhati-hatilah memilih pembalut.
    Membersihkan kewanitaan dengan air yang tidak bersih 
    Sudah seharusnya setiap wanita untuk menjaga kebersihan terutama pada area kewanitaan yang sangat rentan dengan bakteri, virus dan jamur.
    Gonta Ganti pasangan
    Seringnya gonta ganti pasangan sangat besar pengaruhnya  terhadap penyebab terjangkitnya virus (HPV) karena penularan penyakit serviks ini adalah melalui "kontak badan".
    Itulah sembilan (9) faktor penyebab mengidap penyakit kanker serviks/kanker leher rahim yang harus kaum hawa  hindari dan berhati-hati agar selamat dari penyakit mematikan nomer satu ini.

    Diagnosa dan Pencegahan Kanker Serviks/Kanker Leher Rahim

    Diagnosa penyakit kanker serviks/kanker leher rahim
    Diagnosa penyakit kanker serviks/kanker leher rahim

    Diagnosa Kanker Serviks
    Diagnosa penyakit kanker serviks/kanker leher rahim-sudah seharusnya setiap wanita untuk rutin setahun sekali melakukan diagnosa terhadap kanker serviks mengingat penyakit ini pada tahap dini tidak dapat diketahui gejala-gejalanya, untuk melakukan pendeteksian atau diagnosa terhadap kanker serviks biasanya dokter melakukan prosedur pap smear  yaitu metode suatu metode pemeriksaan sel cairan dinding leher rahim dengan menggunakan mikroskop.

    Pap smear merupakan metode pemeriksaan standar untuk mendeteksi kanker serviks atau kanker leher rahim yang berfungsi untuk sebagai pemeriksaan saringan (skrening) dan pelacak adanya perubahan sel kearah keganasan dini sehingga kelainan pra kanker dapat terdeteksi dan pengobatannya jadi lebih mudah dan murah. 

    Selain dengan metode pap smear dokter juga biasanya menggunakan metode IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) yaitu dilakukan dengan cara mengoleskan asam cuka 3% sampai dengan  5%, bila terlihat warna putih berarti ada keganasan sel dan bisa berubah menjadi kanker.dan prosedur diagnosa lanjutan meliputi Loop Electrical Excision Procedure (LEEP), Cone Biopseis dan Punch biopseis.

    Upaya Pencegahan Terhadap Kanker Serviks 
    Cara Pencegahan terhadap penyakit kanker serviks/kanker leher rahim-Walau bagaimanapun pencegahan terhadap penyakit kanker serviks/kanker leher rahim sangat penting mengingat kanker pada tahap stadium awal hampir tidak dapat diketahui/dirasakan gejala-gejalanya oleh karena harus ada kewaspadaan terhadap penyakit ini yaitu dengan berbagai upaya pencegahan sebagai berikut :
    • Vaksin kanker serviks : Sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit serviks ini yaitu dengan memberikan vaksin kanker serviks, vaksin dapat diberikan pada kelompok umur 11-26 tahun, vaksin diberikan pada bulan 1 dan bulan 6. Adapun apabila ada riwayat terinveksi virus HPV dapat diberikan vaksinasi dengan efektifitas yang kurang. dan vaksinasi kanker serviks ini bukan sebagai pengobatan melainkan hanya sebagai pencegahan.
    • Deteksi dengan pap smear :  termasuk pencegahan kanker serviks yang efektif adalah pendeteksian dengan metode pap smear karena metode ini terbukti dapat mendeteksi sejak dini terjadinya infeksi virus penyebab kanker serviks sehingga sedini mungkin penyakit ini dapat ditanggulangi. dan adapun bagi anda yang ingin melakukan pencegahan sejak dini anda bisa melakukan deteksi pap smear satu taun sekali untuk wanita usia 35 tahun. sedangkan wanita yang pernah menderita infeksi HPV dan pengguna pil kontrasepsi lakukanlah sesering mungkin. dan untuk anda yang ingin melakukan pendeteksian pap smear perhatikan beberapa hal berikut ini agar pendeteksian lebih akurat :
      • Melakukan pap smear pada dua minggu setelah hari pertama haid
      • Sebelum pemeriksaan sebaiknya tidak menggunakan obat pencuci kewanitaan atau bahan-bahan herbal kewanitaan lainnya.
      • Penderita paska persalinan dianjurkan datang pada 6-8 minggu untuk melakukan pap smear
      • Selama 24 jam sebelum pap smear tidak dianjurkan melakukan "kontak badan".
    • Hindari S3ks bebas. Human papilloma virus yaitu virus penyebab kanker serviks ini dapat menular melalui kontak badan lawan jenis, dengan menggonta ganti pasangan.
    • Hindari rokok/Nikotin : salah satu upaya pencegahan terhadap kanker serviks adalah dengan menghindari rokok/nikotin bahkan seorang priapun tidak dianjurkan untuk merokok terlebih lagi wanita karena kandungan nikotin dalam rokok dapat memicu infeksi virus penyebab kanker serviks bahkan memicu terjangkitnya berbagai jenis kanker lain, dan penderita kanker serviks 30% karena seorang perokok.
    • Menghindari diet tidak seimbang : Diet oleh sebagian wanita dianggap penting untuk menjaga bentuk tubuh yang diidealkan, namun jika pola diet yang tidak seimbang misalnya dengan menghindari sayur itumerupakan diet yang salah maka pola diet yang tidak seimbang ini justru memicu perkembangna virus penyebab kanker serviks, padahal kandungan yang terdapat pada sayur dan buah akan membantu melindungi anda dari serangan kanker serviks.
    • Pola makan : Makanan cepat saji yang menggunakan kemasan berbahan plastik yang terkena panas juga dapat memicu timbulnya kanker serviks/kanker laher rahim.
    • Menghindari 9 penyebab kanker serviks : yang terakhir yaitu berupaya untuk menghindari 9 penyebab kanker serviks/kanker leher rahim sebagaimana telah dijelaskan diatas.
    itulah informasi mengenai kanker serviks/kanker leher rahim, gejala/ciri-ciri, Penyebab dan upaya pencegahan" yang bisa saya paparkan untuk anda. Selanjutnya adalah bagaimana kaum wanita sejak dini untuk mengenali penyakit mematikan ini, dengan berupaya untuk menghindari segala penyebabnya, baik melalui gaya hidup, pola makan, cara bergaul dan seterusnya.  dan sudah seharusnya kaum wanita memiliki program tahunan untuk Check-Up/pap semear agar  penyakit kanker serviks ini dapat diwaspadai karena Virus HPV ini bergitu mudah penyebaran dan penularannya dan tanpa disadari.

    Apabila artikel ini memberikan manfaat kepada anda maka berbagilah kepada orang-orang terdekat anda dan kepada seluruh kaum hawa yang membutuhkan informasi ini. terima kasih atas kunjungan anda di www.daftarresepobat.com