Latest News

dfgdfsg
dfgdfsg

Manfaat Susu Kedelai | Cara Membuat Susu Kedelai

Manfaat Susu kedelai | Cara membuat susu kedelai - Susu kedelai atau disebut sari kedelai atau juga disebut soya, adalah minuman olahan yang dibuat dari bahan dasar kacang kedelai. disebut susu kedelai karena memang minuman ini berwarna putih sebagaimana susu sapi.

Lalu apa saja manfaat susu kedelai untuk kesehatan? nah kali ini saya akan kupas secara mendetail mengenai manfaat susu kedelai bagi kesehatan, dan pada akhir artikel ini saya juga akan kemukakan cara membuat susu kedelai yang baik, agar susu kedelai tidak mudah menggumpal dan basi.

Membahas manfaat dan khasiat susu kedelai untuk kesehatan, maka yang harus kita ketahui terlebih dahulu adalah kandungan susu kedelai atau kandungan kedelai itu sendiri. Berikut ini kandungan nutrisi kedelai

Kandungan dan Manfaat Susu Kedelai

Kedelai adalah bahan makanan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh terutama bagi mereka yang ingin mempercepat proses pertumbuhan dan menjaga kondisi sel-sel tubuh.

Kandungan gizi dari bahan olahan yang berasal dari kacang kedelai (per 100 gram) yaitu kalori (331 g), protein (34,9 g), lemak (18,1 g), karbohidrat (34,8 g), kalsium (227 mg), fospor (582 mg), Fe (8,0 mg), Vit A (110 unit), tiamin (1,07 mg) dan 7,5 g air (Suprapto, 1992).

Kacang kedelai juga kaya akan protein dan lemak, asam fitat dan lesitin. Lesitin berguna untuk mencegah penuaan dini dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tdak muda terserang penyakit. selain itu lesitin pada kacang kedelai ini berfungsi untuk menetralkan atau menormalkan lemak di dalam darah dalam waktu yang singkat.

Setidaknya kandungan protein pada kacang kedelai sekitar 35%, bahkan pada varietas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40-43%. Nilai protein pada kacang kedelai jika difermentasi dan dimasak misalnya dalam bentuk minuman olahan (susu kedelai) akan memiliki mutu lebih dibandingkan jenis kacang-kacangan yang lain.

Protein pada kedelai merupakan satu-satunya leguminosa yang mengandung semua asam amino esensial (jumlahnya 8 atau 10 buah apabila dimasukkan sistein dan tirosin). Meskipun kadar minyaknya tinggi (sekitar 18 %), tetapi ternyata kadar lemak jenuhnya rendah dan bebas terhadap kolesterol serta rendah nilai kalorinya.

Dan kedelai juga dikenal paling rendah kandungan racun kimia serta residu pestisidanya dan biasa digunakan sebagai penopang kesehatan badan dan umur panjang. Kedelai banyak dikonsumsi oleh orang sebagai salah satu alternatif untuk menggantikan protein hewani yang relatif lebih mahal (Cahyadi, 2006).


Manfaat Susu Kedelai sebagai Sumber Protein
Tubuh manusia membutuh nutrisi protein baik protein hewani maupun nabati. dan kacang kedelai adalah salah satu makanan yang kaya akan protein, yang mana protein memiiki peran danfungsi yang sangat besar bagi tubuh kita. Pada dasarnya protein berfungsi untuk menunjang keberadaan setiap sel tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh.

Meskipun protein nabati pada umumnya tidak mempunyai profil asam amino lengkap akan tetapi ternyata kacang kedelai adalah salah satu sumber makanan  yang mempunyai asam amino yang paling lengkap.

Kekurangan nutrisi protein akan menyebabkan kerontokan rambut dan yang terburuk adalah apa yang disebut dengan kwasiorkor, kulit menjadi rusak dan mudah terkena penyakit. busung lapar pada anak-anak, dan kekurangan protein bisa menyebabkan anti aging kulit.

Fungsi protein pada susu kedelai juga untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan meregenerasi sel terutama pada sel kulit, sebagai penghancur dan penetral segala dzat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Protein juga bermanfaat sebagai sumber engergi, juga sangat baik bagi mereka yang manjalankan program diet karena kacang kedelai sebagai sumber makanan yang kaya akan protein sangat baik untuk menggantikan nasi karena nasi mengandung banyak gula akan tetapi kacang kedelai justru sebaliknya 

Kacang kedelai atau susu kedelai sebagai minuman olahan bermanfaat sebagai pembentuk sel darah merah, dapat mengangkut oksigen pada eritrosit. Sedangkan protein yang terdapat pada mioglobin akan mengangkut oksigen pada otot.

Manfaat Susu Kedelai sebagai Sumber Serat
Manfaat susu kedelai sebagai sumber serat yaitu 
  • Menurunkan kolesterol (hiperkolesterolemia),
  • Memperbaiki toleransi terhadap glukosa dan respon insulin pada penderita hiperlipidemia (kadar lemak tinggi dalam darah) dan diabetes
  • Memperbesar bobot dan kadar air tinja, sehingga mempercepat pengosongan usus dan hasil penelitian klinis menggunakan 25 – 30 gram serat kedelai sehari tidak mempengaruhi penyerapan mineral atau mempengaruhhi keseimbangan elektrolit tubuh.

Serat kedelai adalah serat larut dan serat tidak larut (soluble dan insoluble dietary fiber), dengan demikian manfaat sari kedelai lengkap bagi kesehatan baik untuk sistem peredaran darah dan pencernaan. Serat kedelai sangat mudah digunakan dalam pengolahan makanan dan tidak menimbulkan perubahan sifat sensori atau organoleptik makanan.

Manfaat Susu Kedelai sebagai sumber karbohidrat
  • Sumber Energi Tubuh
  • Mengendalikan Berat Badan
  • Karbohidrat untuk Mencegah Penyakit
  • Mendukung Fungsi Pencernaan
  • Meningkatkan Penyerapan Nutrisi
  • Mencegah Kerusakan Jaringan Otot
  • Mencukupi Kebutuhan Fitonutrien yaitu salah satu jenis zat kimia yang dimanfaatkan oleh tubuh untuk sebagai manfaat antioksidan alami. fitonutrien bisa mencegah berbagai jenis radikal bebas yang bisa menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Selain itu fitonutrien juga penting untuk mencegah berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Karbohidrat adalah salah satu bagian dari produksi fitonutrien yang penting untuk tubuh.
  • Mendukung Fungsi Otak
  • Mengatasi Kecemasan
Selain yang sudah disebutkan diatas berikut di bawah ini adalah manfaat susu kedelai yaitu antara lain :

Manfaat susu kedelai untuk menjaga kesehatan jantung
Penyakit jantung aldah penyakit berbahaya berpotensi kematian pertama, yang mana penykit jantung ini paling sering dialami oleh pria. untuk itu sebaikya lakukan diet teratur yaitu diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0,5 gram lemak jenuh.

Manfaat susu kedelai untuk mengontrol tekanan darah tinggi
Kandungan lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang adalah salah satu unsur penting yang dapat membantu mengatur menyeimbangkan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan vitamin E, asam folat dan B6 pada kedelai bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, dan kandungan magnsium pada susu kedelai berfungsi untuk  meminimalisir tekanan darah tinggi.

Manfaat susu kedelai untuk mngurangi kolesterol dalam tubuh
kacang kedelai juga kaya dengan antioksidan yang terdapat pada isoflavon hal ini bermanfaat untuk menaikkan kadar HDL yang sangat penting untuk kesehatan jantung. Sedangkan lesitin pada kecang kedelai ini dipercaya dan terbukti menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dalam darah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Manfaat susu kedelai untuk mencegah osteoporosis
Osteoporosis adalah  penyakit yang mayoritas dialami karena bertambahnya usia dan kekurangan hormon, sedangkan kandungan Fitoestrogen dalam kedelai akan sangat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang yang dapat menyebabkan osteoporosis. Untuk manfaat maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

Membantu menjaga kesehatan mental
Susu kedelai dapat membantu mengurangi risiko stress dan penyakit mental lainnya, hal ini terjadi karena susu kedelai (kacang kedelai) mengandung sejumlah zat gizi mikro dengan potensi manfaat kesehatan mental.

1 cangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B-6, yang membantu tubuh Anda untuk membuat serotonin neurokimia meningkatkan suasana hati. Kadar magnesium yang juga membantu untuk meningkatkan tingkat serotonin dan mungkin sama efektifnya dengan beberapa obat antidepresan yang diperuntukkan pada orang depresi dan diabetes.

Manfaat susu kedelai untuk mengurangi resiko diabetes
Dibandingkan protein hewani pada susu sapi, protein nabati pada susu kedelai lebih mudah diolah oleh ginjal bagi penderita diabetes.

Begitu juga kacang kedelai mengandung dua zat gizi mikro yang berkontribusi terhadap perkembangan diabetes tipe 2 (magnesium dan vitamin D). Orang yang memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat ini akan berrisiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.

Baca juga : 

Kelebihan Susu Sapi dan Susu Kedelai

berikut di bawah ini adalah beberapa keunggulan susu sapi dan susu kedelai :

Keunggulan Susu Sapi Perah
Susu sapi pasteurisasi, (proses pemanasan) membunuh bakteri, enzim dan protein yang tak menguntungkan.

Susu sapi kaya dengan enzim dan benar-benar berisi 22 asam amino esensial, termasuk fosfat, yang penting untuk penyerapan kalsium.

Susu sapi mentah atau perahan memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan sumber kalsium terbaik.

Susu sapi sebagai sumber vitamin, terutama B12, yang mana vitamin B12 nerupakan vitamin penting yang sulit ditemukan dari sumber-sumber non-daging. Dan juga berisi enzim IgG (Immunoglobulin), vitamin A, B, dan C.

Susu sapi perah mengandung enzim dan antibodi yang benar-benar membuat susu kurang rentan terhadap bakteri. Lipase juga hadir yang membantu pencernaan lemak.

Susu sapi mengandung CLA (conjugated linoleic acid) atau asam linoleat terkonjugasi, yang telah diamati untuk melawan kanker.

Keunggulan Susu kedelai
Susu kedelai sangat kaya akan kandungan protein, dan mengandung serat yang tidak dijumpai pada susu sapi

Keunggulan susu kedelai lainnya yaitu bahwa susu kedelai mengandung isoflavon. yaitu bahan kimia yang mirip dengan hormon estrogen. Isoflavon terhubung ke masalah kesehatan dan bertanggung jawab untuk mencegah banyak kanker, penyakit jantung, osteoporosis dan banyak penyakit lainnya.

Susu kedelai tidak bebas lemak. Susu kedelai memiliki 2 persen lemak lebih sedikit dari susu sapi, tapi tidak mengandung kolesterol jahat.

Susu kedelai berisi sekitar 9 kali lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan susu sapi. Selain itu, susu kedelai memiliki 10 kali lebih banyak asam lemak ketimbang susu sapi, yang merupakan lemak sehat.

Susu kedelai bebas kolesterol. Selain itu, suu kedelai dapat mengurangi kolesterol jahat LDL, sedangkan susu sapi meningkatkan kadar kolesterol LDL. Susu kedelai juga menyediakan perlindungan tambahan untuk hati dengan phytochemical, yang berlimpah dalam susu kedelai.

Susu kedelai mengandung empat kali lebih banyak jumlah thiamin (vitamin B1) dan hampir dua kali jumlah niasin (vitamin B3) dibandingkan dengan susu sapi. Susu kedelai juga mengandung magnesium, tembaga dan mangan lebih banyak dari susu sapi.

Susu kedelai mengandung mangan 42 kali daripada susu sapi. Mangan diperlukan untuk pembentukan tulang. Orang dengan anemia memerlukan mangan untuk penyimpanan besi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang minum dua gelas susu kedelai setiap hari 70 persen lebih rendah terserang kanker prostat. Tidak ada temuan yang sama tentang orang yang minum susu sapi.

Kelemahan susu kedelai

Kelemahan utama dari susu kedelai adalah kurangnya kandungan kalsium, yang hanya sekitar seperempat dari kalsium yang dikandung susu sapi. 

Adapun inti sembilan asam amino pada protein yang diperlukan untuk mempertahankan hidup, susu sapi dan susu kedelai mengandung jumlah hampir identik.

Susu sapi memiliki seperlima gram asam amino lebih penting ketimbang susu kedelai. Karena salah satu dari sembilan asam amino esensial adalah metionin, hal ini dapat menjadi kemenangan untuk pecinta susu sapi. Susu sapi mengandung dua kali lebih banyak metionin ketimbang susu kedelai.

Susu kedelai mengandung riboflavin sekitar 60 persen lebih sedikit dari susu sapi. Riboflavin merupakan vitamin penting, tetapi juga banyak ditemukan dalam biji-bijian, ragi gizi, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, dan gandum. Oleh karena itu, susu sapi bukan sumber yang diperlukan untuk riboflavin bagi orang yang makan diet seimbang.

Bagi penderita kanker payudara mungkin harus membatasi asupan protein kedelai, karena beberapa studi menunjukan kelebihan mengkonsumsi kedelai ada kemungkiann bahaya.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Human Reproduction, menemukan bahwa sperma 41 juta lebih sedikit per mililiter air mani setelah makan hanya satu porsi makanan yang mengandung kedelai setiap dua hari.


Cara Membuat Susu Kedelai

  1. Pertama-tama rendam kacang kedelai  selama minimal 8 jam
  2. Lalu kacang kedelai diseduh dengan air mendidih sampai airnya hangat kuku, hal ini bertujuan agar susu kedelai tidak berbau langu.
  3. Kupas kulit ari kacang kedelai dengan cara diremas-remas sampai benar-benar bersih yaitu sekitar 99% bebas kulit ari.
  4. Blander atau giling kacang kedelai, sebanyak tiga kali pengulangan dan pemerasan agar sari kedelai benar-benar terkuras.
  5. Untuk 1/4 kilo gram kacang kedelai menggunakan air sebanyak 10 liter, atau boleh kurang, namun jangan terlalu kental karena hal ini akan menyebabkan susu kedelai mudah membeku.
  6. Rebus sari kedelai bersama jahe dan panda secukupnya, dan matikan api pada saat titik didih pertama. Karena jika terlalu mendidih hal ini akan menyebabkan sari kedelai mudah menggumpal dan basi.
  7. setelah mendidih angkat dan tiriskan, tunggu sekitar 1 jam lalu masukkan gula dan garam secukupnya. gula berbanding sama dengan jumlah kacang kedelai. misalnya kacang kedelai sebanyak 1/4 kg maka gula juga 1/4 kg.  

Tips Agar Sari Kedelai Tidak Mudah Menggumpal dan Basi
  • Hindari menggunakan air PDAM atau Air sumur 
  • Segera rebus susu kedelai setelah proses penggilingan dan penyaringan
  • Rebus susu kedelai dan segera matikan api pada saat titik pertama
  • Jangan memasukkan gula dan garam pada saat perebusan susu kedelai, namun tunggulah sekurang-kurangnya 1 jam setelah sari kedelai diangakat dan ditiriskan.
  • Segera kemas susu kedelai ketika telah dingin dan segera masukkan kedalam lemari es, dan hal ini akan membuat susu kedelai tidak mudah basi sekurang-kurangnya selama 3 hari sejak proses pembuatan.
Itulah Manfaat susu kedelai dan Cara Membuat susu kedelai yang bisa saya kemukakan, semoga artikel ini bermanfaat. Jika menurut anda artikel manfaat susu kedelai ini bermanfaat, tidak ada salahnya untuk berbagi agar mereka juga mendapatkan manfaat sebagaimana anda.
terimakasih telah membaca manfaat susu kedelai di www.daftarresepobat.com