Latest News

dfgdfsg
dfgdfsg

19 Manfaat Khasiat Daun Salam Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat daun salam | Khasiat daun salam- Jika sebelumnya daftarresepobat.com telah berbagi informasi tentang manfaat daun binahong, kali ini mari kita simak manfaat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan. dan sebelum pada poin pembahasan sangat penting untuk kita ketahui juga adalah mengenai daun salam itu sendiri, klasifikasi daun salam dan kandungan senyawa daun salam.

Klasifikasi Dan Nama Latin Daun Salam
Daun salam dengan nama latin Syzygium polyanthum terkenal sebagai tanaman asli dari Indonesia. Namun tanaman daun salam ini bukan hanya ada di Indonesia saja, melainkan juga banyak dijumpai di negara lain termasuk Eropa hingga Amerika, mereka menyebut tanaman daun salam ini dengan istilah Bay Leaf atau Indonesian bay-leaf.  Dan di Negara lain, daun salam kadang disebut juga dengan nama Indonesian Laurel. 

Sebagaimana tumbuhan lainnya, tanaman daun salam juga terdaftar dalam sistem binomial ilmu botani. Sedangkan klasifikasi dari tanaman salam ini sebagai berikut:

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan p dengan pembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Mampu menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Memiliki kemampuan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (memiliki keping dua atau dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae (dari suku jambu-jambuan)
Genus: Syzygium
Spesies: Syzygium polyanthum Wigh Walp

Berdasarkan klasifikasi terserbut diatas dilihat dari sub poin kerabat/familinya yakni Myrtaceae (suku jambu-jambuan) maka berarti daun salam ini masih berkerabat dengan Duwet, Cengkeh, Jambu Mawar, jambu semarang, jambu bol, kopo dan masih banyak lagi lainnya.

Tanaman daun salam memiliki pohon dengan batang berkambium. Dengan mencapai ketinggian 30 meter. Pada bagian kulit batangnya berwarna abu-abu, bertekstur  pecah-pecah tampak bersisik kasar. Sedangkan daunnya bertangkai dengan panjang hingga 12 mm.  Bunga tanaman daun salam umumnya tumbuh pada bagian bawah daun, terkadang juga di ketiak daun. Bunga cenderung kecil, harum dengan kelopak serupa mangkuk.

Terkadang tanaman daun salam dalam bahasa latin juga disebut Eugenia polyantha Wight. Tak hanya nama latin. Di Indonesia tanaman ini juga  memiliki banyak nama yaitu Meselengan (Sumatera), Manting (Jawa), Ubar Serai (Melayu), Kastolam (Kangean) dan pada setiap daerah punya nama tersendiri.

Kandungan Senyawa Daun Salam
Pada daun salam terkandungn unsur-unsur senyawa antara lain flavonoid, metil kavikol minyak asiri 0,17%, sitral, egeunol, tanin,. Daun salam juga mengandung etanol dan methanol, yang mana ekstrak etanol daun salam bermanfaat sebagai zat antijamur, antibakteri, sedangakan ekstrak methanol daun salam  berkhasiat untuk zat anti cacing.  Juga mengandung kalori, vitamin A, B-6, B9, C. Kalsium, karbohidrat, serat, mineral, zat besi dan mangan yang sangat baik. 

Pada daun salam juga sebagai sumber folat. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat tanin, minyak asiri dan flavonoid yang tersimpan dalam daun salam dapat memberi efek hipoglikemik (mengendalikan kadar glukosa dalam darah). 

Daun salam dikenal sebagai herbal alami yang mampu mengobati penyakit kolesterol tinggi, kencing manis, tekanan darah tinggi, maag, diare, dan menurunkan berat badan, mangatasi sakit mata terutama terutama katarak, Penyakit kulit misalnya gatal-gatal, kudis dan penyakit eksim bahkan daun salam bemanfaat untuk kecantikan kulit wajah anda. Dan buah tanaman salam bemanfaat untuk meredakan mabuk karena alcohol. Secara terperinci mengenai manfaat daun salam akan saya saya jelaskan berikut ini.

Manfaat Daun Salam

Manfaat daun salam
Manfaat daun salam untuk kesehatan
Manfaat daun salam untuk kesehatan antara lain :

1. Manfaat daun salam untuk mengatasi  penyakit diare
Cuci bersih daun salam yang masih berwarna hijau sekitar 15 lembar. Robek-robek daun salam kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih, lalu saring dan tiriskan . kemudian tambahkan garam secukupnya. Minum air rebusan daun salam sekali sehari.

2. Manfaat daun salam untuk Menurunkan kadar kolesterol yang tinggi
Cuci bersih 10-15 lembar daun salam dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus di malam hari. Lakukan cara ini ini setiap hari.

3. Manfaat daun salam untuk mengobati Sakit maag
Cara mengobati sakit magh dengan daun salam yaitu cuci daun salam masih segar dan berwarna hijau sekitar 15-20 lembar sampai bersih. Robek-robek daun salam lalu rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula batu secukupnya. Minum air rebusan daun salam ini setiap hari.

4. Manfaat daun salam untuk menyehatkan rambut dan mengatasi uban. 
Caranya yaitu campurkan daun salam koja dengan menggunakan minyak rambut dan setelah itu rebuslah selama beberapa menit. Kemudian gunakanlah campuran ramuan tadi sebagai hair tonic pada rambut dalam setiap hari. 

5. Manfaat daun salam untuk diet (melangsingkan/menurunkan berat badan)
Cara menrunkan berat badan juga bisa dengan menggunakan ramuan daun salam dengan cara mengkonsumsi air rebusandaun salam atau dengan cara menambahkan daun salam pada sayuran atau anda bisa mengunyahnya secara secara langsung. 

6. Manfaat daun salam untuk melancarkan pencernaan, diabetes, dan asam urat 
Untuk malancarkan pencernaan caranya yaitu yaitu cuci bersih daun salam sekitar 10-20 lembar lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Minum ramuan ini untuk mengatasi gangguan pncernaan, diabetes dan asam urat.

7. Daun Salam Mengatasi  Hipertensi
Hyper tensi atau darah tinggi adalah penyakit yang mudah menyerang siapa saja, bakan akhir-akhir ini hypertensi sudah menyerang kalangan pemuda. Untuk mengobati hyer tensi atau darah tinggi anda bisa menggunakan daun salam sebagai obat herbal alami yang efektif menormalkan darah tinggi. 

Ini karena kandungan senyawa daun salam seperti rutin, salisilat, asam caffeic dan fitonutrien dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah stroke. Dan kandungan  flavanoid membantu menormalkan tensi darah 

Dan selain itu kandungan mineral daun salam bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Agar daun dapat bekerja secara optimal anda bisa menambahkannya dengan daun sambilito. Caranya cuci bersih daun 10 lembar daun salam bersama dengan daun sambiloto secukupnya saja, lalu rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Stelah dingin minum ramuan ini 2 kali sehari yaitu 1 gelas di pagi hari dan satu gelas di malam hari. 

8. Manfaat Daun Salam untuk Mengurangi Kolesterol Jahat
Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh manusia yaitu kolesterol jahat dan koleterol yang bermanfaat. Kolesterol memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh anda, oleh karena itu segera atasi koleseterol ini dengan cara mencegahnya yaitu dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, terlebih lagi lemak jenuh. Selain itu cara mengatasi kolesterol juga bisa dengan ramuan daun salam. 

Caranya yaitu cuci bersih 7 lembar duan salam dan 30 gram daun cermai. Lalu rebus dengan 3 gelas air samapi terisisa setengahnya. Minum air rebusan daun salam dan daun cermai ini untuk sehari yaitu di waktu pagi dan  sore  hari. 

9. Manfaat Daun Salam untuk membantu mengatasi dan mencegah Kanker
Daun salam mengandung asam caffeic, quercetin, euganol dan catechin. Ketiga unsur senyawa ini bermanfaat melawan berbagai jenis kanker baik maupun sebagai pencegahan terhadap munculnya cikal bakal kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang mampu menahan proliferasi sel kanker serviks. 

Caranya cukup mudah yaitu cukup menambahkan 2 lembar daun salam pada setiap masakan anda baik pada sayur, lauk pauk,  atau bisa juga pada nasi. Dengan cara ini akan memberikan efek yang luar biasa. Apabila 2 lembar tadi dikonsumsi dengan teratur dan disiplin, itu artinya sehari bisa memakan 6 lembar (dengan asumsi 3 kali makan sehari) dan seminggu bisa 42 lembar. Atau bisa juga dengan cara yang lain yaitu dengan membuat teh daun salam. 

10. Manfaat daun salam untuk Obat Batuk, Flu dan Pilek
Batuk flu dan filek ini adalah penyakit yang sering dialami ketika terjadi perubahan masim, dan bisa dengan mudah menyerang anak-anak dan orang dewasa. 

Untuk mengatasi batuk, flu dan pilek air rebusan daun salam digunakan untuk air kompres. Setelah direbus beberapa lama, rendam selembar kain ke dalam air rebusan tersebut untuk kemudian digunakan sebagai kompres di bagian dada atau hidung. Ini akan meringankan batuk, flu dan pilek. Selain dengan cara kompres di anjurkan juga untuk mengkonsumsi air rebusan daun salam ini. 

11. Manfaat Daun Salam untuk Menangani Masalah Ginjal
Daun salam juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit ginjal, baik batu ginjal, atau infeksi ginjal. Caranya Cuci bersih daun salam dan daun sirsak masing-masing 5 lembar, lalu rebus dengan 500 ml air sampai mendidih dan terisa 300 ml. minum ramuan ini untuk 2 kali minum dalam sehari yaitu pada waktu pagi dan sore hari. Simpan ramuan ini dalam kulkas agar tetap terpelihara kesegarannya. 

12. Manfaat daun salam mengobati Radang Tenggorokan
Manfaat daun salam selain dapat mengatasi batuk filek , daun salam juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi radang tenggorokan, caranya yaitu sediakan 10 sampai 15 lembar daun salam,  rebus daun salam tersebut dengan 3 gelas air. Konsumsi air rebusan daun salam dengan rutin.


13. Manfaat Daun Salam untuk Merangsang Kehamilan
Kandungan asam folat pada daun salam bermanfaat bagi ibu hamil pada masa periode penconception (3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan). 

Asam Folat berfungsi untuk mencegah cacat pada anak. Dan merangsang kehamilan bagi calon ibu 
yang mengalami kesulitan hamil.

14. Manfaat Daun Salam untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Daun salam juga mengandung viamin C yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk mencegah seraangan penyakit. Daun salam juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. 

15. Manfaat Daun Salam untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit
Mengatasi berbagai masalah kulit misalnya gatal-gatal karena bakteri, seperti panu, kadas, kurap, jerawat, bisul, borok, eksim kering atau basah dan penyakit kulit. 

Caranya yaitu Ambilah 10 lembar daun salam, ujung akar pohon salam dan kulit kayu secukupnya. tumbuk semua bahan tersebut sampai halus, tambahkan sedikit air, dan aduk hingga semuanya tercampur merata. Oleskan pada bagian kulit setelah mandi. Lakukanlah cara ini secara rutin 2 kali sehari hingga penyakit hilang.

16. Manfaat Daun Salam untuk Mengobati Mimisan
Biasanya untuk mengatasi mimisan ini, yang paling terkenal yaitu dengan menggunakan daun sirih, perlu diketahui bahwa selain dengan menggunakan daun sirih, anda bisa menggunakan daun salam. Caranyapun sama yaitu daun salam dilinting kemudian masukkan pada lubang hindung.

Selain dengan cara tersebut anda juga bisa dengan cara yang lain yaitu haluskan 2 sampai 3 lembar daun salam lalu rebus ke dalam 200 ml air sampai tersisa setengahnya. Kemudian saring airnya dan minum secara rutin dan teratur setiap hari. 

17. Khasiat daun salam untuk meredakan kulit stress
Manfaat daun salam bukan hanya sebagai obat berbagai penyakti, bahkan daun salam bermanfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya yakni meredakan kulit stress. Kulit stress ditandai dengan kulit kusam, keriput, mengeluarkan kadar minyak berlebih.

18. Manfaat Daun Salam untuk pemutih gigi
Meskipun rajin mengosok gigi namun gigi masih tetap kuning dan sulit untuk diputihkan, atak perlu khawatir, ternyata daun salam juga bisa digunakan sebagai pemutih gigi. 

Cara memutihkan gigi dengan daun salam yaitu sebagai berikut : jemur 7 lembar daun salam dan kulit jeruk secukupnya di bawah terik matahari hingga kering,  Tumbuk daun salam dan kulit jeruk sampai halus menyerupai bubuk. Gosokkan bubuk kulit jeruk dan daun salam pada gigi. Terapkan cara ini secara rutin.  Baca 20 cara memutihkan gigi

Baca juga :
Manfaat daun binahong
Manfaat daun sirih
Manfaat daun sirsak
Manfaat daun kelor
Manfaat kulit manggis
Cara menghilangkan jerawat 
Cara memutihkan kulit wajah

19. Manfaat daun salam untuk menghilangkan kutu rambut
Salah satu manfaat daun salam yaitu ampuh membasmi kutu rambut. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah: Rebus 50 gram daun salam dengan 400 ml liter air, Saring air hasil rebusan dan tunggu agak dingin, cuci rambut dan kulit kepala dengan air rebusan daun salam tadi. Dan biarkan selam 3 sampai 4 jam. Lalu bilas hingga bersih. 

Nah itulah manfaat daun salam, untuk kesehatan, obat berbagai macam penyakit, bahkan daun salam untuk kecantikan. Mungkin itu dulu yang bisa saya kemukakan, semoga artikel manfaat daun salam ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita, dan semoga artikel ini juga dapat dijadikan sebagai bagian dari refrensi kesehatan secara alami. 

Jika menurut anda artikel manfaat daun salam ini  bermanfaat, tidak ada salahnya untuk berbagi kepada yang lain, agar mereka juga dapat memetika manfaatnya. Terima kasih telah membaca artikel manfaat daun salam di www. daftarresepobat.com