Latest News

dfgdfsg
dfgdfsg

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara Menghilangkan Bau mulut saat Berpuasa - Daftarresepobat.com merasa sangat senang berbagi informasi terkait penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut pada saat berpuasa. Bau mulut saat berpuasa adalah kewajaran yang umum dialami setiap orang yang sedang berpuasa, namun tak dapat kita pungkiri bahwa bau mulut membuat kita tak percaya diri dan khawatir bau mulut kita mengganggu orang lain, walaupun mereka pasti memaklumi bahwa setiap orang yang sedang berpuasa akan mengalami bau mulut tak sedap, namun perlu anda ketahui bahwa bau mulut orang yang sedang berpuasa adalah memiliki keutamaan sendiri sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ
Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak misk.” (HR. Bukhari no. 1894 dan Muslim no. 1151)
Hadtis di atas menunjukkan bahwa orang yang sedang berpuasa umumnya mengalami bau mulut, namun bau mulut orang yang sedang berpuasa ternyata memiliki keutamaan di sisi Allah, karena telah melakasanakan ketaatan kepadaNya.

Kenapa saat berpuasa mulut menjadi bau? 
Bau mulut saat berpuasa di alami karena sepanjang hari mulut kita tidak mendapat asupan makanan dan minuman sehingga mulut kita menjadi kering dan produksi air liur menjadi berkurang. dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berprementasi dan hal inilah yang membuat bau mulut saat berpuasa yang di kenal dengan halitosis. Selain itu bau mulut saat berpuasa disebabkan kerna tidak ada aktivitas mengunyah sepanjang hari hal ini menyebabkan air liur pmbersih gigi tidak berperan secara optimal sehingga menjadikan bakteri dalam mulut berkembang pesat.

Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa
menghilangkan bau mulut saat puasa
Walaupun bau mulut sudah umum dialami oleh orang yang sedang berpuasa, namun bau mulut masih bisa kita atasi agar mulut tidak bau selama berpuasa sepanjang hari. Nah artikel ini akan memberikan tips dan cara bagaimana cara menghilangkan bau mulut tak sedap saat berpuasa.
  • Minumlah air putih sebanyak-banyaknya saat malam hari yaitu ketika berbuka puasa sampai sahur, karena air putih akan membantu meningkatkan produksi air liur
  • Menggosok gigi dan lidah pada malam hari setelah berpuka puasa dan setelah sahur dengan tujuan membersihkan sisa makanan penyebab bau mulut
  • Mengkonsumsi teh hijau tanpa gula pada saat berbuka puasa dan sahur karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang bermanfaat membasmi bakteri pada mulut dan saluran pernafasan
  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut kurang sedap misalnya petai, jengkol atau durian.
  • Berusahalah untuk mengurangi rokok atau bila perlu sama sekali tidak merokok saat berbuka dan sahur
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang lengket misalnya cokelat, es krim, biskuit dan kue basah lainnya. karena makanan tersebut sulit dibersihka.
  • Berkumur dengan obat kumur, anda bisa menggunakan air rebusan sirih sebagai obat kumur alami penghilang bau mulut
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi pada saat sahur
  • Olah raga ringan pada sore hari menjelang brbuka puasa, hal ini bertujuan membuang zat racun dalam tubuh termasuk penyebab bau mulut
  • Hindari tidur yang terlalu lama saat puasa, karena tidur sepanjang hari sangat berpengaruh terhadap bau mulut
  • Menggosok gigi pada siang hari dengan kayu siwak, hal ini masih boleh dilakukan karena siwak tidak memiliki rasa yang kuat.
  • Berkumur secara sempurna saat berwudu juga membantu meghilangkan bau mulut saat berpuasa.
Artikel terkait : cara menghilangkan bau badan

Makanan Penghilang bau mulut saat berpuasa
Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat menghilangkan bau mulut saat berpuasa antara lain
  • Yoghurt : konsumsilah yogurt tanpa gula saat berpuka puasa dan sahur, karena yogrt terbukti ampuh mengatasi bakteri penyebab bau mulut.
  • Apel, Wortel dan Seledri : tiga jenis makanan ini efektif menghilangkan bau mulut saat berpuasa, anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara diolah atau dikonsumsi secara langsung.
  • Vitamin C : semua makanan yang mengandung C bermanfaat untuk menanggkal bakteri penyebab bau mulut.
  • Mengkonsumsi timun setelah sahur juga sangat ampuh menghilangkan bau mulut
  • Teh jahe : konsumsilah minuman teh jahe setelah berbuka puasa dan pada saat sahur
Itulah langkah-langkah cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang bisa anda terapkan, semoga artikel ini membantu anda menghilangkan bau mulut saat berpuasa, Namun jika anda telah menerapkan cara tersebut diatas mulut masih tetap bau silahkan hubungi dokter karena penyebab bau mulut bisa disebabkan karena adanya penyakit yang anda derita. misalnya diabetes, magh dan lain sebagainya.