Latest News

dfgdfsg
dfgdfsg

5 Tips cara Menghitung / Mengetahui Masa Subur Wanita

Tips cara mengetahui dan Menghitung Masa Subur Pada Wanita - Masa subur pada wanita yaitu saat indung telur (ovarium) melepaskan sel telur (ovum) yang telah matang dan siap untuk dibuahi ke dalam saluran indung telur (tuba falopi). Bila sel telur tersebut bertemu dengan sel sperma dan terjadi pembuahan, maka pada saat itulah berkesempatan untuk memperoleh keturunan.

Biasanya sepasang suami istri merasa panting untuk mengetahui kapan masa subur pada wanita terjadi dengan tujuan agar mudah mendapatkan keturunan atau sebaliknya agar tidak mudah hamil, dengan tujuan menjalankan program keluarga berencana (KB).

dengan cara menghitung masa subur pada wanita dengan tujuan mengetahui kapan terjadinya masa subur sepasang suami istri bisa mengatur kapan sang suami sebaiknya mendatangi istrinya.
Berikut ini kami paparkan 5 metode cara menghitung masa subur atau cara mengetahui masa subur pada wanita setelah haid

Tips Menghitung | Cara Mengetahui Masa Subur Pada Wanita 

Tips/ Cara Menghitung/mengetahui  Masa Subur Wanita Setelah Haid
cara menghitung/mengetahui masa subur wanita
Sebelum kami bahas cara menghitung masa subur wanita penting untuk diketahui 2 hal berikut ini :

  • Masa haid
Haid dimulai pada hari pertama saat dinding rahim meluruh dan menjadi darah keluar dari kemaluan wanita, Pada masa Haid, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. peristiwa inilah disebut dengan ovulasi.

  • Masa ovulasi
Pada umumya ovulasi terjadi sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama haid. Sebenarnya hari ketika terjadi ovulasi ini sangat tergantung pada siklus haid anda, jika siklus anda pendek, misalnya hanya 22 hari maka ovulasi dapat terjadi beberapa hari setelah haid terakhir. jadi setiap wanita mengalami masa ovulasi yang berbeda-beda.

5 Cara mengetahui | Menghitung Masa Subur Wanita

1. Cara menghitung masa subur wanita dengan mencatat siklus haid

Salah satu persepsi yang keliru yang umum terjadi bahwa setiap wanita berovulasi dan berada pada puncak kesuburan pada hari ke 14 dari siklus haidnya, hal ini hanya benar jika  wanita yang memiliki siklus reguler dan tidak terputus selama 28 hari. padahal pada kenyataannya masa subur wanita terjadi bukan 14 hari sejak hari pertama menstruasi, akan tetapi 14 hari sebelumnya.

Jadi jika siklus menstruasi anda cukup teratur anda bisa mengsitimasi tanggal masa subur wanita dengan mengurangi tanggal tersebut sebanyak 2 minggu dari tanggal seharusnya anda mendapatkan menstruasi berikutnya. misalnya wanita yang memiliki siklus 30 hari akan berovulasi sekitar hari ke 16 dan merea yang memiliki siklus 26 hari biasanya akan berovulasi di hari ke 12.
Atau sederhananya anda bisa menggunakan rumus berikut ini
  • Ketahui siklus terpendek anda. misalnya 27 hari kurangi angka ini dengan 18 maka hasilnya adalah 9 maka agka ini menunjukkan hari pertama saat anda berada pada posisi paling subur.
  • Ketahui siklus terpanjang anda. misalnya 30 hari  kurangilah angka ini dengan 11  maka hasilnya adalah 19 angka ini adalah  hari terakhir saat anda paling subur.
Dengan demikian jika siklus anda 27-30 hari maka anda akan paling subur pada hari ke 9-19.

2. Cara menghitung/mengetahui masa subur wanita dengan cek temperatur/suhu basal tubuh

Suhu temperatur atau basal tubuh adalah suhu tubuh saat bangun pagi hari, suhu normal adalah 35,5-36,6 derajat celcius. nmaun jika suhu basal tubuh naik sedikit dari anggka tersebut, ini menunjukkan anda telah mengalami masa ovulasi dalam 1-2 hari terakhir.

3. Cara mengetahui masa subur wanita dengan cek lendir mulut rahim/serviks

Lendir mulut rahim/serviks ini dapat terjadi mulai dari yang kental, basah, kental semi transparan. perubahan ini menunjukkan perubahan kadar hormon estrogen pada tubuh. ovulasi segera terjadi dengan ciri-ciri lendir berwarna bening, licin, elastis, seperti putih telur mentah, pada saat inilah wanita mengalami masa subur. cairan tersebut juga berfungsi untuk memudahkan dan melindungi jalannya sp.erma menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur.

4. Cara Mengetahui masa subur wanita dengan monitor kesuburan

Cara paling mudah untuk mengetahui masa subur adalah cukup dengan memeriksakan masa subur anda dengan monitor kesuburan di dokter kandungan. Biasanya alat ini digunakan untuk mengetahui masa subur melalui tes urin, dengan mengukur hormon lutein yang keluar sesaat sebelum masa subur wanita.

5. Mengatahui masa subur wanita dari indikasi-indikasi lainnya

Bahwa wanita sedang mengalami masa subur dengan adanya indikasi misalnya, Nyeri ringan hingga berat pada perut atau salah satu bagian punggung. Beberapa wanita mengalami hail ini disekitar masa ovulasi terjadi, rasa sakit ini sebenarnya dapat menjadi salah satu tanda untuk membantu mendeteksi masa paling subur. Dan adanya indikasi perasaan lebih bergairah, sebagaian wanita merasakan lebih bergarah, lebih bersemangat dan lebih mudah bersosialisasi saat mengalami masa subur.
Artikel terkiat : Tanda-tanda wanita hamil

Rincian Siklus Haid

Secara terperinci inilah yang terjadi selama masa haid sejak hari pertama :

Siklus hadi hari 1-5 :
  • Menstruasi terjadi karena tidak ada pembuahan atau karena tdak terjadi kehamilan
  • Kadar progesteron dan estrogen menjadi rendah
  • Suhu tubuh 35.5-36.6 derajat celcius
Siklus haid hari ke 6-7 :
Otak memperoduksi hormon-hormon yang merangsang pembentukan sel telur

Hari ke 8 (atau memanjang hingga hari ke 12) :
Dinding rahim kembali menebal dan membuat suplai pembuluh darah meningkat sebagai persiapan untuk menerima sel telur yang dibuahi

Hari ke 10 :
Lendir Va.gina pekat dan lengket

Hari ke 12
Lendir vag.ina menjadi lebih bening, licin, dan elastis menandakan ovulasi telah dekat. jika terjadi pertemuan suami istri pada hari k10 bisa berujung pada kehamilan karena spe.rma bisa bertahan hingga 2-5 hari di dalam tubuh wanita

Hari ke13
Estrogen meningkat secara drastis sebelum akhirnya menurun

Hari ke 14.
Kadar estrogen menurun, hal ini memicu produksi hormon lain yang menyebabkan ovarium melepaskan sel telur. ini disebut ovulasi. sel telur dapat bertahan hidup sekitar 12 - 24 jam

Hari ke 15-22
Jika tidak terjadi pembuahan, umumnya masa subur telah berakhir, dan warna lendir menjadi lebih pekat

Hari ke 25-27

Karena tidak terjadi pembuahan kadar progesteron mulai menurun dan lendir menjadi kental atau tidak diproduksi sama sekali

Hari ke 28
Tidak terjadi pembuahan berarti kadar progesteron menurun terus menerus, dengan menurunkan kadar hormon tersebut maka menstruasi terjadi pada keesokan harinya.
Baca juga : Senam hamil
Itulah informasi tips dan cara menghitung atau mengetahui masa subur wanita setelah haid, sekaligus secara terperici juga kami jabarkan apa saja yang terjadi selama siklus haid sejak hari pertama sampai hari ke 28. dengan demikian sepasang suami dan istri dapat menjalankan porgram rencana hamil. atau menghindari agar tidak hamil untuk program keluarga berencana (KB).

Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk bisa menghitung masa subur anda sendiri, sehingga anda dapat menyesuaikan program kehamilan anda. Terimakasih sudah membaca artikel cara menghitung masa subur wanita di www.daftarresepobat.com