Latest News

dfgdfsg
dfgdfsg

Ciri-Ciri | Tanda Wanita Hamil / Orang Hamil

Ciri-Ciri/Tanda-Tanda Orang Hamil - Yang telah lalu kami telah sampaikan tentang cara menghitung/mengetahui masa subur wanita setelah haid, Nah sekarang kami ingin berbagi informasi kepada anda tentang apa ciri-ciri/tanda-tanda wanita hamil. Bagi sepasang suami istri tentunya mendapat momongan adalah yang paling diharapkan dan ditunggu-tunggu, akan tetapi mereka yang hamil diluar nikah barangkali hamil adalah hal yang menakutkan/aib yang di dihindari, oleh karena itu bangunglah rumah tangga yang baik, dari hasil yang baik, agar kehadiran sang anak menjadikan anda senantiasa bahagia. 

Jika istri anda mengalami hal-hal berikut ini maka itu merupakan ciri-ciri/tanda-tanda kehamilan baik dengan adanya perubahan secara fisik maupun terjadinya perubahan kebiasaan prilaku terutama di awal-awal kehamilan. mari kita simak tanda kehamilan berikut ini :


Ciri-Ciri | Tanda Wanita Hamil / Orang Hamil
ciri dan tanda kehamilan

Ciri-ciri/Tanda-Tanda Wanita/Orang Hamil

Ciri-ciri | tanda kehamilan pada trimester pertama
  1. Terlambat menstruasi : Keterlambatan menstruasi adalah tanda kehamilan pertama yang perlu anda curigai bahwa sang istri sedang hamil, akan tetapi belum dapat diklaim secara pasti 100%  karena keterlambatan datang bulan juga biasa terjadi pada setiap wanita. atau dengan bahasa lain orang hamil pasti tidak mengalami menstruasi namun orang terlambat menstruasi belum tentu sedang hamil, maka keterlambatan mesntruasi hanyalah sebagai sinyal dari awal tanda  kehamilan.
  2. Munculnya bercak darah atau flek : Biasanya ciri-ciri/tanda wanita akan hamil sebelum keterlambatan menstruasi adalah keluar bercak darah atau flek bahkan mengeluarkan lendir bening dari kew*nit*annya, hal ini terjadi kurang lebih 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi, dan bercak darah terjadi karena adanya implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim.
  3. Naiknya temperatur basal tubuh : Pada saat ovulasi suhu tubuh wanita hamil akan meningkat, kondisi ini trus dialami selama masa kehamilan.
  4. Mual dan munta-muntah : Ciri atau tanda kehamilan yang ke empat adalah mual-mual bahkan muntah-muntah ini dikarenakan meningkatnya hormon HCG (Human Chorionic gonadotrphin) hal ini juga yang menyebabkan adanya efek pedih pada lapisan perut sehingga rasa mual itu muncul. Namun mual-mual dan muntah-muntah ini biasanya hanya terjadi pada awal kehamilan trimester pertama saja.
  5. Sering Meludah : Pada awal kehamilan trimester pertama istri anda akan sering meludah ini karena adanya perubahan hormon estrogen, akan tetapi kondisi ini akan menghilang pada trimester kedua.
  6. Pusing dan sakit kepala : Rasa pusing dan sakit kepala akan sering dirasakan oleh wanita hamil, ini karena faktor fisik, antara lain sering merasa lelah, mual, sering lapar, dan tekanan darah rendah, dan secara emosioanl akan sering tegang, bahkan stress dan defresi
  7.  Ngidam : Ngidam adalah ciri ciri wanita hamil yang mudah diketahui karena tiba-tiba wanita hamil menginginkan atau bahkan menolak makanan tertentu bahkan tidak jarang wanita yang sedang hamil muda suka bersikap aneh-aneh dan tidak pada biasanya. jika keinginannya tidak dipenuhi oleh sang suami sang istri akan terus menuntutnya sampai ia mendapatkannya.
  8. Sensitif pada bau : Wanita hamil tiba-tiba indra penciuamannya menjadi tajam terutama pada makanan tertentu, dan sering mual dan muntah karena bau yang tidak ia senangi.
  9. Mudah lelah : Pada awal trimester pertama ini wanita hamil  akan mudah lelah dan sering bermalas-malasan karena penyesuaian diri terhadap kehadiran makhluk baru di dalam perutnya, selain itu juga karena adanya peningkatan hormon progesteron serta menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah yang membuat ia mudah lelah.
  10. Perubahanan mood : Wanita hamil kondisi psikologisnya sangat tidak stabil/sering berubah-ubah terkadang tampak bahagia namun dalam waktu yang singkat tiba-tiba sedih dan marah, hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon atas kehadiran sang janin.
  11. Sembelit : Orang yang sedang hamil kebanyakan mereka susah buang air besar ini akibat dari peningkatan hormon progesteron, hormon ini juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.
  12. Gejala PMS : Wanita hamil biasanya merasakan adanya gejala PMS sebagaimana yang dirasakannya setiap bulannya, perut kembung, nyeri p*yud*ra, nafsu makan meningkat, namun bukan belum juga datang.  
  13. Pembengkakan p*yud*ra : Pada awal kehamilan biasanya akan mengalami pembengkakan p*yud*ra ini karena p*yud*ara mempersiapkan untuk ASI, dan pada area aerola akan semakin berwarna gelap. Namun menurut ahi laktasi (teresa pitman) mengatakan tidak semua wanita hamil mengalami pembengkakan terutama jika mereka sebelumnya telah menggunakan alat kontrasepsi (pil KB)  
Artikel terkait : Cara menghitung masa subur wanita
Ciri-ciri/tanda-tanda wanita hamil pada trimester kedua dan seterusnya 
Ciri-ciri atau tanda-tanda kehamilan pada trimester kedua adalah sebagai berikut :
  1. Berat Badan meningkat : Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan janin maka wanita hamil akan mengalami peningkatan berat badan setiap bulannya namun ini normal dan alamiah terjadi.
  2. Perut membuncit : Setiap minggunya wanita hamil tentu perutnya akan semakin membuncit karena sang janin tumbuh dan berkembang. 
  3. Perut sering kram : Wanita hamil akan mengalami kram pada perutnya karena adanya kontraksi hal ini akan terus berlanjut terutama pada trimester kedua dan seterusnya sampai letak uterus posisinya berada di tengah dan disangga oleh panggul.
  4. Perubahan bentuk tubuh : perubahan bentuk tubuh wanita hamil bukan hanya pada perutnya yang semakin membuncit, namun pada seluruh tubuhnya terutama pada area p*nt*t, P*aha, dan dada serta lengannya.
  5. Buang air kecil makin sering : seiring dengan semakin membesarnya janin maka janin akan menekan kantung kemih dan lebih cepat dipenuhi  urine, sehingga frekwensi buang air kecil pun akan lebih sering dari pada biasanya.
  6. Sakit pinggang : jika seseorang wanita telah benar hamil maka sakit pinggang ini akan terus menyertai sampai ia melahirkan.
Ciri-ciri/tanda-tanda kehamilan dari sisi medis
Ciri-ciri atau tanda kehamilan yang paling akurat yaitu dengan melakukan 2 hal berikut ini

Ciri-ciri/tanda-tanda kehamilan dari sisi medis
ciri/tanda kehamilan
  • Tes urin (test pack) : Tes urine adalah salah satu metode yang akurasinya lebih kuat yang menunjukan apakah  seorang wanita sedang hamil atau tidak yaitu dengan mencelupkan tespack ke urine, jika warna merah pada test pack berjumlah dua garis maka di nyatakan positif hamil, jika hanya satu dinyatakan tidak hamil.
  • USG : USG (ultrasonography) yaitu sebuah alat yang prinsip dasarnya menggunakan gelombang suara frekwensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga telanjang yang dapat mengetahui aktifitas suara dalam rahim. dengan cara ini 99,99% seorang wanita dapat diketahui apakah ia sedang hamil atau tidak.
    Itulah beberapa informasi tentang ciri-ciri/tanda-tanda orang hamil yang dapat kami paparkan kehadapan pembaca, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. baca juga artikel menarik lainnya di www.daftarresepobat.com