Latest News

Senam Hamil | Panduan gerakan Senam ibu Hamil usia 7, 8, 9 Bulan


Senam Hamil | Panduan gerakan Senam ibu Hamil usia 7, 8, 9 Bulan -  Senam hamil merupakan bentuk latihan untuk memperkuat dan juga mempertahankan kelenturan dari dinding perut, otot-otot dasar panggul yang nantinya akan mempermudah proses persalinan secara normal. senam ibu hamil dilakukan untuk menjaga kondisi bagian tiubuh yang berperan dalam proses persalinan sehingga ibu hamil diharapkan dapat melakukan persalinan secara fisiologis (persalinan normal).

Senam Hamil | Manfaat dan Tujuan Gerakan Senam Ibu Hamil 

Manfaat & Panduan gerakan Senam Ibu Hamil usia 7, 8, 9 Bulanv
Manfaat dan panduan senam ibu hamil
Senam hamil merupakan gerakan olah raga ringan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ibu hamil, tentunya berbeda dengan senam-senam pada umumnya. Tujuan mendasar dari senam ibu hamil ini adalah untuk menyehatkan ibu hamil, memperlancar dan memudahkan proses persalinan yaitu dengan memberikan latihan otot-otot tubuh yang sebagian besar berperan dalam proses persalinan, sehingga nantinya ibu hamil tidak mengalami kendala dalam melakukan proses pesalinannya.

Manfaat senam hamil
Selain melatih otot-otot persalinan, senam hamil juga berfungsi mengkombinasikan pernafasan, relaksasi dan kelenturan. Berikut dibawh ini adalah manfaat senam hamil 
  • Senam ibu hamil bermanfaat agar ibu hamil tidak kegemukan
  • Berbagai gerakan senam hamil mengurangi nyeri punggung yang biasanya mengganggu pada periode kehamilan
  • Senam hamil membuat tubuh lebih sehat dan bugar
  • Senam hamil juga dapat memperbaiki kualitas tidur ibu hamil
  • termasuk yang terpenting adalah senam hamil bremanfaat untuk memperkuat kelenturan otot-otot persalinan
  • Melatih sedak dini tehnik pernafasan yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap proses persalinan
  • senam hamil juga bertujuan untuk Melatih relaksasi otot
  • Mengurangi keluhan selama masa kehamilan
  • dan manfaat senam hamil yang terpenting adalah untk melancarkan dan memudahkan proses persalinan
Melihat manfaat senam ibu hamil tersebut diatas maka sesungguhnya senam hamil begitu penting untuk diterapkan oleh ibu hamil terutama untuk persiapan kesehatan dan kesiapan ibu, baik secara lahiriah maupun secara psikologis mental ibu dalam proses kelahiran si bayi.

Senam Hamil | Panduan Gerakan senam Ibu hamil Pada Periode Kehamilan 7, 8 dan 9 Bulan


Pada Masing-masing usia kehamilan memiliki gerakan dan metode senam tersendiri, namun pada dasarnya gerakan senam ibu hamil dilakukan untuk mempersiapkan proses persalinan di periode akhir masa kehamilan. Selain untuk memperlancar dan memudahkan proses kelahiran bayi, senam hamil juga bermanfaat untuk menyehatkan ibu hamil dan melenturkan otot-otot sehingga mengurangi keluhan disaat adanya kontraksi maupun rasa nyeri dan banyak lagi manfaat senam hamil sebagaimana telah disebutkan diatas.

Panduan Gerakan Senam IBu Hamil Usia  Tujuh (7) Bulan

Gerakan senam ibu hamil usia 7 bulan adalah gerakan yang menggabungkan antara latihan pernafasan, kinerja otot jantung, kelenturan dan relaksasi. beberapa gerakan senam hamil usia 7 bulan ini dharapkan nantinya berguna untuk mengurangi kejadian keram di kaki, rasa pegal di punggung dan pinggang.

Namun ada beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan terkait keselamatan bayi didalam kandungan dan keselamatan anda, oleh karena itu senam hamil diusia 7 bulan ini membutuhkan kehatian-hatian dan sebaiknya dilakukan dengan pengawasan. Senam hamil ini disarankan usia kehamilan telah lebih dari 22 minggu dan telah dikonsultasikan pada dokter kandungan atau bidan. Begitu pula latihan senam ibu hamil ini diupayakan dilakukan secara hati-hati dan tidak terkesan memaksakan sehingga terasa berat bagi ibu hamil. Nah berikut ini gerakan-gerakan ibu hamil usia 7 bulan antara lain :

Posisi duduk
Ambillah posisi duduk yang tenang, tegak dan posisi senyaman mungkin.kemudian rentangkan kaki anda dengan lebar sesuai kemampuan anda namun duduk anda tetap tegak, selanjutnya condongkan tubuh anda kedepan sesuai kemampuan anda sambil menjatuhkan lengan kedepan dan tahan posisi tersebut beberapa detik.

Posisi tidur  
Untuk melakuan gerakan ini sediakn kursi sebagai alat bantu. selanjutnya ambillah posisi tidur terlentang danletakkan kaki anda dikursi sedangkan tubuh tetap pada posisi tidur terlentang, kemudian gerakan bokong anda naik turun dengan dibantu kedua siku tangan anda sebagai tumpuan. lakukan ini sesuai kemampuan anda namun jangan sampai terkesan memaksakan.

Otot dada
Anda juga perlu melakukan latihan otot dada sehingga dapat melatih paru-paru dan jantung anda. caranya cukup mudah yaitu sediakan 2 botol plastik kemudian isi air dan jadikan sebagai barbel untuk diangkat dengan kedua tangan anda. lakukan latihan ini 5 sampai 10 kali setiap gerakannya.

Latihan pelenturan
Sediakan kursi makan yang empuk, dan duduklah dikursi tersebut dengan posisi tegak dan kedua tangan di pinggang, kemudian luruskan satu kaki dan tekuk telapak kaki kearah dalam dan tahan 5 detik. lakukan gerakan ini secara bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri. 

Panduan Gerakan Senam Hamil Usia 8 Bulan

Ada beberapa gerakan senam hamil diusia 8 bulan ini yang bisa anda terapkan yaitu antara lain :

Gerakan Hand and Back UP Train
Gerakan senam ibu hamil ini dimulai dengan mengangkat lengan lurus di atas kepala dan telapak tangan saling berhadapan pertahankannposisi tersebut selama 20 detik. selanjutnya lakukan peregangan tangan dengan melebarkan kedua lengan, ibu hamil perlu mengulangi gerakan 5 kali gerakan.


Gerakan HIP
Awali gerakan ini dengan posisi tidur terlentang kemudian lutut ditekuk hingga mendekati perut, tarik nafas melalui hidung lalu kencangkan otot perut dan b0k0ng dengan seperti mengejan untuk melatih persalinan. tahan gerakan ini selama 5 detik dan hembuskan nafas melalui mulut secara perlahan dan rileks, ibu hamil perlu melakukan gerakan ini dengan sering sejak memasuki kehamilan trimeseter ke tiga.

Mencium lantai
Gerakan ini sangat penting untuk memperbaiki posisi janin dalam kandungan terutama pada trimester ketiga. awali gerakan senam hamil ini dengan berjongkok dan mulai membungkukkan badan secara perlahan hingga mencium lantai sebagaimana dalam keadaan sujud, tahan posisi ini sekitar 10 detik. ulangilah gerakan ini beberapa kali.

Jalan kaki
Berjalan kaki sangat baik untuk melatih pernafasan dan memperkuat jantung dan melancarakan peredaran darah serta memperbaiki posisi janin dalam kandungan agar kepala janin masuk ke mulut rahim. sebaiknya jalan kaki rutin dilakukan diwaktu pagi kurang lebih 30 menit.

Panduan Gerakan Senam Hamil Usia 9 Bulan

Agar tubuh ibu hamil tetap sehat dan bugar meskipun perut ibu sudah sagat besar namun ibu bisa menyiasatinya dengan melakukan gerakan senam berikut ini :

Duduk bersila
Ambil posisi duduk bersila dengan badan tegak dan meletakkan kedua tangan diatas paha atau lutut, tenangkan fikiran anda yang anda tahu hanyalah rasa bahagia sambil menghirup nafas panjang dan lega dan perlahan-lahan lakukan gerakan senam ini setiap hari bebrapa menit sambil melatih pernafasan untuk persiapan persalinan.

Merangkak
Anda bisa melakukan gerakan merangkak, setelah posisi tubuh seperti merangkak kempiskan perut dan kerutkan dubur anda, gerakan ini adalah gerakan seperti sedang mengejan, sambil menghirup nafas melalui mulut dan hembuskan melalui hidung. lakukan gerakan senam ini 8 kali dalam satu sesi senam.

Jongkok
Selain duduk dan merangkak ibu juga bisa melakukan gerakan senam dengan posisi berjongkok dengan tubuh tegak lurus tahan posisi ini beberapa menit untuk melatih kekuatan otot paha dan panggul serta untuk meregangkan otot-otot tersebut.

Gerakan senam kupu-kupu
Gerakan senam kupu-kupu ini tidaklah sulit, bagi ibu hamil yang perlu anda lakukan duduk bersila diatas lantai namun lekatkan kedua telapak kaki kanan dan kaki kiri anda, stelah telapak kaki bersatu kemudian dorong kedua lutut kearah lantai boleh dibantu dengan tangan namun jangansampai terkesan memaksakan lakukan gerakan senam kupu-kupu ini beberapa kali dalam sesi senam.

Berjalan kaki
Diusia kehamilan 9 bulan jalan kaki terus dilakukan diwaktu pagi hari karena dengan banyak berjalan akan membantu janin semakin masuk kearah mulut rahim. jadikan kegiatan jalan kaki ini adalah kegiatan yang menyenangkan untuk menyambut kehadiran buah hati anda.


Demikianlah artikel manfaat senam hamil dan panduan gerakan senam ibu hamil peridode 7,8 dan 9 bulan. Gerakan senam hamil cukup efektif membuat ibu hamil sehat dan bugar serta menghilangkan keluhan-keluhan selama masa kehamilan, serta yang terpenting adalah bahwa gerakan senam ibu hamil dapat mempermudah porses persalinan. Namun dalam melakukan senam hamil sebaiknya telah dikonsultasikan kepada dokter kandungan atau bidan.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk berbagi link ini kepada teman-teman anda yang juga sedang hamil. dan terimakasih anda telah berkunjung dan membaca artikel manfaat dan panduan gerakan senam ibu hamil usia 7,8, dan 9 bulan. Baca juga artikel menarik lainnya di www.daftarresepobat.com