Latest News

dfgdfsg
dfgdfsg

Gejala Demam Berdarah | Ciri Demam Berdarah (DBD) Penyebab & Cara Mengobati

Ciri-ciri Demam Berdarah | gejala demam berdarah / DBD - langkah terbaik agar tidak terserang penyakit ini adalah dengan melakukan pencegahan terhadap penyakit demam berdarah (DBD), namun sangat penting juga untuk anda ketahui yaitu ciri-ciri demam berdarah atau gejala-gejala menderita demam berdarah, agar secepat mungkin mendapatkan penanganan dari doktr.

Demam berdarahh (DBD) adalah penyakit yang membuat penderitanya mengalami rasa nyeri yang luar biasa rasasakit seolah-olah sampai menusuk tulang. penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk jenis aedes aigypty.

Saat ini indonesia menduduki peringkat kedua setelah brazil bahkan menurut data kementrian bidang kesehatan tahun 2009-2011 jumlah kematian pengidap penyakit demam berdarah 1.125 kasus, data tersebut menempatkan indonesia sebagai megara tertinggi dalam kasus  Demam berdarah se asia tenggara. berikut ini akan kami jelas kan secara medetail tentang ciri-ciri atau gejala demam berdarah, tentang nyamuk penyebab demam serta bagaimana cara mencegah dan mengobatinya.

Gejala demam berdarah
Gejala demam berdarah

Gejala Demam Berdarah /Ciri Demam Berdarah (DBD)

Ada beberapa tanda-tanda atau gejala bahwa seseorang sedang mengidap penyakit demam berdarah antara lain
  • Demam tinggi mendadak secara terus menerus selam 2 sampai 7 hari
  • Timbulnya pendarahan misalnya mimisan darah, gusi berdarah, 
  • Bercak-bercak atau bintik-bintik kemerahan pada kulit
  • Rasa nyeri pada tubuh misalnya nyeri pada kepala, tulang, persendian dan mata, dan nyeri ulu hati.
  • Tidak ada nafsu makan
  • Muntah-muntah
  • feses mengeras dan berwarna hitam gejala ini terlihat jika trombosit sudah mulai rendah berada di bawah ambang normal
  • trombosit menurun. sebaiknya di cek di puskesmas atau rumah sakit terdekat
  • Bila sudah parah biasanya terjadi penurunan kesadaran, kulit yang terasa dingin, lembab dan berkeringat pada kaki dan tangan, gelisah, bibir kebiruan, tubuh lemah.
Jika gejala atau ciri-ciri demam berdarah telah ada pada seseorang maka ada beberapa hal yang bisa anda upayakan untuk pertolongan pertama dan mempercepat proses penyembuhan antara lain :
  1. Memberi minum sebanyak mungkin
  2. minum air pengganti ion tubuh
  3. minum jus jambur merah yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan trombosit darah
  4. beri makan dengan makanan bergizi meskipun selera makan akan mennurun
  5. Kompres dengan air es
  6. Beri obat penurun panas
  7. Secepatnya penderita dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk diperiksa lebih lanjut
  8. Jika positif terserang demam berdarah segera lakukan perawatan oleh dokter ahli.

Ciri-ciri demam berdarah (DBD) | Gejala Demam berdarah berdasarkan fase demam berarah 

fase demam berdarah
fase demam berdarah
Secara terperinci gejala-gejala demam berdarah yang telah disebutkan diatas dialami pada fase demam berarah yaitu:

1. ciri-ciri/gejala  demam berdarah  fase pertama :

Hari pertama sampai hari ketiga penderita demam berdarah mengalami demam tinggi disertai sakit kepala, rasa sakit dibelakang bola mata, badan ngilu dan nyeri, mual dan disertai bintik merah pada kulit dan bintik merah tidak hilang jika direnggangkan.

2. Ciri-ciri / Gejala demam berdarah Fase kedua : 

Hari ke 4 sampai hari ke 5 pada fase ini penderita mengalami penurunan trombosit darah, penderita merasakan seolah-olah ada kemajuan padahal justru pada fase ini penderita mengalami masa  kritis dan kemungkinan terjadi sydrome dengue. dan terkadang mengalami terjadi pendarahan dihidung (mimisan) pendarahan pada mulut, kulit terlihat pucat, dan dingin, serta penurunan kesadaran.

3. Gejala/ciri-ciri demam berdarah fase ke tiga :

Hari ke 6 - 7 adalah fase penyembuhan pada fase ini pada umumnya penderita berangsur membaik.
Baca juga : Gejala thypus

Ciri-Ciri Nyamuk Penyebab Demam Berdarah  (DBD)

ciri-ciri nyamuk demam berdarah (aedes aigypty)
Ciri-ciri nyamuk demam berdarah (aedes aigypty)
Aedes aigypty merupakan  nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Selain dengue nyamuk aedes aigypti juga membawa virus demam kuning (yellow fefer) dan chikungunya. 

Penyebaran jenis nyamuk ini sangat luas meliputi seluruh daerah tropis diseluruh dunia. sebagai pembawa virus dengue nyamuk aedes aigypti juga merupakan pembawa utama dan bersama aedes albovictus mencitakan sikluspenyebaran dengue didesa  dan kota. 

Mengingat demam bardarah disebabkan oleh nyamuk ini maka seharusnya masyarakat mengenal jenis ini baik secara morfologi ataupun sampai pada bagaimana berkembang biaknya.Berikut ini secara rinci kami jelaskan tentang nyamuk ades aigrpti antara lain :

1. Ciri-Ciri Morfologi Nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aigypty)

Nyamuk aedes aigypty dewasa memiliki ukuran sedang dengan memiliki warna tubuh hitam kecoklatan. tubuh dan tungkainya tertutupi sisik dengan garis-garis putih keperakan. Pada bagian punggung tubuhnya memiliki dua garis melengkung vertikal pada bagian kiri dan kanan.

Sisik-sisik pada nyamuk ini mudah rontok atau terlepas sehingga menyulitkan untuk mengidentifikasi pada nyamuk-nyamuk tua. ukuran dan warna jenis nyamuk ini kerap berdebda antar populasi tergantung dari lingkungan dan nutrisi yang diperoleh oleh nyamuk selama pertumbuhan dan perkembang biakan.

Nyamuk jantan lebih kecil dari pada nyamuk betina dan terdapat rambut pada pada antena nyamuk jantan. kedua ciri-ciri dn perbedaan ini dapat diamati dengan mata telanjang (tanpa mikroskop).
 
2. Prilaku dan Siklus Hidup Nyamuk Aedes Aigypty

Nyamuk aedes aigypty aktif pada pagi hingga siang hari, penularan virus dengue dilakukan oleh nyamuk betina karena hanya nyamuk betinalah yang menghisap darah manusia sedangkan nyamuk jantan tidak menghisap darah, serta memperoleh energi dari nektar bunga ataupun tumbuhan.

Nyamuk aedes aigypti lebih senang hidup pada tempat gelap lembab serta menyukai warna merah dan gelap.
infeksi virus dengue pada nyamuk dapat mengubah perilaku yang mengarah pada peningkatan kompetensi vektor (kemampuan nyamuk menyebarkan virus) infeksi virus mengakibatkan nyamuk tidak terlalu mampu menghisap darah manusia sehinga nyamuk cenderung berpindah-pindah ke satu orang ke orang lain untuk menghisap darah yang lainnya sehingga lebih beresiko pada penularan virusnya.

Nyamuk aedes aigypty sebagaimana cullicines lain, meletakkan telurnya  pada permukaan air yang jernih secara individual. telur berbentuk ellip dan bewarna hitam dan terpisah  satu dengan yang lainnya telur nyamuk menetas dalam 1 sampai 2 hari menjadi larva, larva nyamuk tumbuh melalui 4 yahapan yang disebut instar perkembangan dari instar 1 sampai instar 4 membutuhkan waktu kurang lebih 5 hari, setelah mencapai instar 4 larva berubah menjadi pupa yang mana larva memasuki masa dorman.

Pupa bertahan selama 2 hari sebelum akhirnya nyamuk dewasa keluar dari pupa. jadi perkembangan nyamuk dar larva sampai dewasa membutuhkan waktu kurang lebih 7 hingga 8 hari. terkadang lebih lama tergantung dari kondisi lingkungan  perkembang biakannya.
telur nyamuk aedes aigypty dapat bertahan hidup tanpa air kurang lebih 1 bulan dan jika mendapatkan air kembali maka telur masih dapat menetas menjadi larva, namun larva sangat membutuhkan air untuk proses perkembangan selanjutnya sampai dewasa, kondisi larva sangat mempengauhi nyamuk dewasa yang dihasilkan.

3. Pengendalian Vektor Nyamuk Aedes Aigypty sebagai upaya pencegahan demam berdarah

Sampai hari ini cara yang terbaik untuk mengendalikan penyebaran demam berdarah adalah dengan mengendalikan poulasi dan penyebaran vektor. program ini sering dikampanyekan oleh pemerintah kita agar senantiasa mewaspadai dari penyakit demam berdarah, program ini diberinama 3M yaitu "menguras "menutup" dan "mengubur" yaitu
  1. Menguras : menguras bak mandi untuk memastikan tidak adanya larva nyamuk yang berkembang di dalam air dan tidak ada telur yang melekat pada dinding bak mandi
  2. Menutup : menutup tempat penampungan air sehingga tidak ada nyamuk yang mengakses ketempat tersebut untuk bertelur.
  3. mengubur : yaitu mengubur barang bekas yang sudah tidak terpakai, sehingga tidak ada penampungan air yan dapat dijadian tempat bertelur.
Dengan 3M ternyata terbukti efektif dapat menghambat pertumbuhan nyamuk, sehingga dapat mencegah penyebaran virus dengue penyebab demam berdarah.

Cara Penyebaran dan Penularan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

Mekanisme terjadinya penyakit
  • Berhubungan dengan stain virus, dengan urutan Den 1, Den 2, Den 3, dan Den 4
  • Berhubungan dengan infeksi sekunder
  • berhubungan dengananti body-dependent enhaecement
Proses penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD)
Mekanisme penyebaran dan penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD) adalah disebabkan oleh virus dengue yang mengakibatkan adanya gangguan pada pembuluh darah kapiler dan pada sistem pembekuan darah, yang mengakibatkan pendarahan. vektor yang menyebabkan penyakit ini yaitu nyamuk aedes aigypti sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah

Selain dengan 3M yang telah disebutkan di atas ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai cara  pencegahan terhadap demam berdarah yaitu antara lain :
1. Tanaman anti nyamuk demam berdarah
Ternyata ada jenis-jenis tanaman yang bisa kita tanam untuk mencegah demam berdarah yaitu antara lain : Tanaman bunga Lavender, tanaman geranium, serai, zodia, dan beberapa tanaman lainnya. jenis-jenis tanaman tersebut adalah tanaman yang dapat mengusir nyamuk dari lingkungan kita.
2. Sinar matahari
Sebagaimana telah disebutkan bahwa nyamuk lebih senang dengan lingkungan yang gelap dan lembab, oleh karena itu upayakanlah rumah kita mendapat sinar matahari agar terang dan tidak lembab, agar sinar matahari masuk kedalam ruangan, bisa melalui jendela, atau gentteng kaca yang menyinari setiap ruangan di rumah kita.
3. Semprot rutin 
Anda bisa meminta kepada petugas kesehatan di lingkungan anda untuk memberikan semprotan asap (foging) anti nyamuk sekurang-kurangnya satu minggu sekali. atau dengan pestisida anti nyamuk yang banyak dijual dipasaran.
4. Abate 
Setelah bak mandi dibersihkan taburkan abate pada air dibak mandi agar dapat mencegah pertumbuhan dan perkembangan jentik nyamuk.
5. Menjaga kebersihan
Nyamuk senang dengan tempat yang kotor seudah seharusnya setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan rumahnya. karena awal dari datangnya penyakit juga bersumber dari rumah yang kumuh dan kotor.
6. Jaring kawat : 
Agar nyamuk tidak dapat masuk kerumah anda anda bisa memasang jaring kawat pada lubang angin di jendela anda.
7. Kelambu
Agar tidur anda nyaman dan aman dari gigitan nyamuk anda bisa memasang kelambu pada ranjang anda.
8. Lotion anti nyamuk : 

Sudah banyak dijual dipasaran lotion anti nyamuk terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide yang terbukti efektif dapat terhindar dari gigitan nyamuk, lotion bisa digunakan oleh anak-anak diatas usia 2 tahun maupun dewasa.
Itulah 8 cara pencegahan demam berdarah yang dapat anda terapkan agar terhindar dari virus dengue (virus penyebab demam bedarah) yang berasal dari gigitan nyamuk.

Cara Mengobati Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Secara Klinis/Medis

Sekilas informasi tentang cara mengobati penyakit demam berdarah secara klinis bahwa sebenarnya termasuk bagian terpenting dari pengobatan demam berdarah dengue (DBD) ini adalah terapi suportif.

Dalam pada itu disarankan untuk menjaga asupan gizi makanan melalui penyerapan makanan yang mudah yaitu melalui cairan, jika ini tidak dapat dilakukan bisa dengan penambahan cairan intravena bisa jadi diperlukan untuk mencegah diheidrasi dan homokonsentrasiyang berlebihan. sedangkan transfusi platelet dilakukanjika jumlah platelet menurun drastis.

pengobatan alternatif melalui konsumsi buah dan ramuan perlu dipertimbangkan, misalnya memberikan jus jambu biji bangkok walaupun belum diuji secara klinis namun ternyata jambu biji dapat mengambalikan cairan inravena.

1. Periode febris

Apabila penderita infeksi virus dengue datang pada peiode ini yang mana belum/tidak dapat dibedakan apakah dengue fever ataukah dengue hemorhagic fever, maka pengobatan yang dapat dilakukan yaitu :

Antipiretik :
antipiretik yaitu antara lain
  • Memberikan paracetamol dengan dosis 10 mg tidak lebih dari 4 kali sehari dan jangan memberikan aspirin dan brufen/ibuprofen sebab akan menimbulkan gastritis atau pendarahan.
  • Pada periode ini penderita tidak membutuhkan antibiotik.
  • Makan disesuaikan dengan nafsu makan penderita
  • Jika penderita diputuskan untuk rawat jalan maka jika berada dalam perjalanan didaatkan adanya keluhan dan tanda klinis sebagai berikut maka segera untuk dibawakerumah sakit 
    • Nyeri abdomen
    • Tanda pendarahan dikulit yaitu petekiae/ekimosis
    • pendarahan lain seperti epistaksis dna pendarahan gusi
    • penderita lemas tak bertenaga dan pada perabaan dingin.
2. Periode afebris

Kebanyakan demam dengue setelah panas turun, penderita merasa tampak lebih baik dan mulai muncul nafsu makan dan akan segera sembuh tanpa disertai komplikasi, sehigga tidak ada pengobatan secara khusus. namun jika muncul gejala klinis confalescence petechial rash pada tangan dan kaki dengan memberi kesan seperti sarung tangan dan kaus kaki maka dalam prosentase kecil membutuhkan waktu agak panjang. 
Baca juga : Cara mengobati Diabetes

Cara Alternatif Mengobati Demam Berdarah dengan ramuan tradisional dan alami/herbal

Ada beberapa cara alternatif untuk mengobati demam berdarah yaitu dengan ramuan tradisional dengan bahan-bahan herbal alami yang ada disekitar anda, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan selain diserahkan kepada medis untuk diberi perawatan dan pengobatan oleh dokter kepada penderita demam berdarah antara lain :

1. Meniran sebagai obat demam berdarah :

Meniran (phyllantus niruri) meniran berkhasiat sebagai antivirus kandungan senyawa flavonoid , tanin, tritertenoid, dan asam fenoleat bermanfaat untuk membantu mempercepat proses penyembuhan pada demam berdarah.caranya siapkan 10 gram meniran dan 10 gram daun pegagan cuci sampai bersih, dan rebus kedua-duanya dengan 5 gelas air sampai mendidih dan menyusust hingga 3 gelas, dan minum ramuan tradisional ini 3kali sehari 1 gelas.

2. Daun jambu biji obat demam berdarah :

Daun jambu juga bermanfaat untuk menyembuhkan demam berdarah karena ternyata ditemukan pada ekstrak kering daun jambu biji setelah selama 5 hari dapat meningkatkan trombosit darah sebesar 100.000/jul tanpa menimbulkan efek samping.
caranya membuat :
bahan-bahan : temulawak 10 gr, sambiloto, 10 gr, madu murni secukupnya, air bersih 600ml. cara membuat cuci semua bahan kecuali madu, kemudian rebus dengan 600 ml liter air sampai mendidih. ketika akan diminum campurkan dengan madu secukupnya. konsumsi obat tradisional ini 2 kali sehari.

3. Kelapa muda hijau mengobati demam berdarah

Bahan-bahan antara lain , 1 buah kelapa muda hijau, dan satu buah jeruk nipis.cara membuat yaitu cukup tuangkan perasan air jeruk nipis pada air kelapa hijau muda dan diminum. konsumsi ramuan ini setiap hari secara rutin.
 
4. Obati demam berdarah dengan Jambu biji (psidium guajava)

Bahan-bahan : temulawak 10 gr, kunyit 10 gr, dan jambu biji. 
cara membuat :cuci bersih semua bahan dan ptong-potong kecil semua bahan  kemudian blander semua bahan (di jus) minum ramuan ini 2 kali dalam sehari secara rutin.

5. Cara mengobati demam berdarah dengan Daun dewa, pegagan, herbal tapak dara, dan jambu biji

Cara membuat :  cuci bersih ke 4 bahan tersebut lalu rebus dengan 600ml air bersih sampai mendidih hingga menyusut 300 ml. lalu angkat dan biarkan dingin lalu disaring. minum ramuan ini 2 kali sehari secara rutin.
Baca juga : Obat asam urat
Itulah informasi seputar demam berdarah yang kami mulai dengan mengetahui ciri-ciri nyamuk penyebab demam berdarah berdarah (aedes aigypty) antara lain ciri-ciri morfologi, prilaku dan siklus hidup nyamuk aedes agypty, dan cara pengendalian vektor nyamuk sebagai upaya pencegahan dini, demam berdara.

Begitu pula kami informasikan bagaiman pola penyebaran dan penularan penyakit demam berdarah,cara mencegah penyakit demam berdarah, serta penanganan penderita demam berdarah dari sisi medis dan cara alternatif mengobati demam berdarah dengan membuat obat ramuan alami secara tradisional. semoga informasi ini bermanfaat dan semoga diberikan kesehatan.
terimakasih sudah membaca gejala demam berdarah di www.daftarresepobat.com